KPU Persilahkan Publik Menilai Debat Perdana Capres Semalam

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 13 Desember 2023 | 13:10 WIB
Suasana debat capres (Sinpo.id/Ashar)
Suasana debat capres (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Hasyim Asy’ari, mempersilahkan publik untum menilai menarik atau tidaknya debat perdana Capres yang digelar semalam.

Menurutnya, debat perdana tersebut usaha terbaik yang sudah dilakukan KPU untuk memberikan keyakinan publik dalam memilih tiga kandidat Capres pada Pemilu 2024.

“Orisinalitas pertayaan dari masing-masing calon presiden tidak bisa di-setting, tidak bisa diprediksi ditanya apa dan kita mengikuti bersama pertanyaan yang diajukan semuanya lugas oleh masing-masing presiden kepada calon presiden yang lain. Demikian juga ketika menjawab,” kata Hasyim, Rabu 13 Desember 2023.

Namun terlepas dari dinamika debat dan banyaknya tanggapan publik terhadap acara tersebut, ia berharap masyarakat dapat menyerap jawaban dari tiga kandidat Capres semalam yang bertemakan soal pemerintahan, perlindungan HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi dan penanganan hoaks. Sehingga tidak ada lagi keraguan dalam menentukan pilihan di Pilpres mendatang.

“KPU berikhtiar supaya suasana debat atau perdebatan antar calon presiden terhadap tema yang diusung dikupas oleh masing-masing calon presiden, tentun dengan perspekti dan data dari calon presiden masing-masing,” jelasnya.

Seperti diketahui, debat perdana Capres yang digelar KPU berjalan selama 150 menit dengan total enam segmen. Segmen pertama adalah sesi untuk penajaman visi misi yang disampaikan oleh masing-masing kandidat, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Kemudian pada segmen kedua hingga kelima, masing-masing dari kandidat diminta mengambil pertanyaan yang sudah disusun oleh 11 panelis secara acak.

Pada segmen tersebut, para kandidat diperbolehkan saling berinteraksi dan menanggapi jawaban yang disampaikan. Sementara segmen terakhir atau ke enam adalah penutup, dimana kandidat dipersilakan untuk membuat closing statement.sinpo

Komentar: