KPU Bagi Jadi Enam Segmen Debat Capres 2024

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 12 Desember 2023 | 07:21 WIB
pasangan capres-cawapres 2024/ ashar
pasangan capres-cawapres 2024/ ashar

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat perdana calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024 yang akan digelar di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari membeberkan format debat capres-cawapres akan berlangsung selama 150 menit. Khusus 120 menit waktu debat akan terbagi kedalam enam segmen.

"Totalnya 150 menit, untuk debatnya 120 menit, dibagi enam segmen dan di antara segmen ada jeda iklan waktunya kurang lebih lima menit," kata Hasyim dalam kererangannya di Jakarta, dikutip Selasa, 12 Desember 2023.

Hasyim menjelaskan, setiap segmen debat akan ada tiga pertanyaan yang sudah disusun oleh para panelis debat. Menurutnya, pada debat perdana panelis sudah menyiapkan 18 bank pertanyaan.

"Pada kesempatan pertama, itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan.18 pertanyaan itu kan ada 6 segmen, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen, satu segmen ada 3 pertanyaan," ujarnya.

Adapun keenam segmen tersebut yakni, pertama pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi misi (dan) program kerja masing-masing pasangan capres-cawapres.

Segmen kedua dan ketiga merupakan pendalaman visi misi dan program kerja. Pada segmen ini akan ada pertanyaan dan interaksi di antara palson dan paslon lain.

Segmen keempat dan kelima, yakni tanya jawab dan tanggapan. Pada segmen ini akan ada proses interaksi tanggapan lontaran pertanyaan dari paslon dan direspons oleh paslon lain. 

Kemudian segmen keenam, paslon akan diberikan kesempatan untuk memberikan closing statement atau penutup.

 sinpo

Komentar: