KPU Beri Kesempatan Lebih Banyak kepada Capres saat Sesi Debat

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 12 Desember 2023 | 06:57 WIB
KPU
KPU

SinPo.id -  Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, mengatakan KPU memberi kesempatan lebih banyak kepada pasangan capres-cawapres Pemilu 2024 pada sesi debat. Upaya ini dilakukan agar sesi debat
tidak berjalan monoton dan terkesan mirip cerdas cermat.

"Kami pastikan di dalam rundown, itu justru kesempatan antarcalon di Pemilu 2024 ini lebih banyak," kata Hasyim dalam keterangan pers di Media Center KPU, pada Senin, 11 Desember 2023.

Sesi debat kandidat capres-cawapres, kata dia,
diberi kesempatan saling berinteraksi. Para panelis akan menyusun 18 pertanyaan. Debat itu dibagi dalam enam segmen. Berarti ada tiga pertanyaan yang disiapkan untuk masing masing segmen. Sebelum debat dimulai, dia menjelaskan, setiap kandidat diberi kesempatan visi misi program sesuai tema debat pertama.

"Satu segmen ada tiga pertanyaan," ujarnya.

Setiap capres mengambil pertanyaan secara acak sebelum debat dimulai. Pertanyaan itu yang akan ditanyakan moderator. Dia mencontoh, jika kesempatan pertama dimulai dari paslon A menjawab pertanyaan moderator, dan paslon B dan C menanggapi penyampaian paslon A.

"Calon A diberikan kesempatan menanggapi balik supaya clear di bagian perdebatan itu. Penyampaian visi misi program terlebih dahulu dalam durasi yang ditentukan dan kesempatan berikutnya pendalaman (paslon lain) dengan cara mengambil daftar pertanyaan secara acak," tuturnya.

Untuk diketahui, KPU RI akan menggelar debat capres-cawapres Pilpres 2024 pada Selasa 12 Desember 2023. Bertempat di kantor KPU RI, debat memakan waktu total durasi debat 150 menit, 120 menit pelaksanaan debatnya, dan 30 menit iklan.

"Durasi waktu selama debat itu total 150 menit, khusus debatnya 120 menit, ada 6 segmen. Di antara segmen, ada jeda iklan waktunya kurang lebih masing-masing 5 menit," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 11 Desember 2023.

Debat dimulai pada pukul 19.00 WIB. Nantinya, debat akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan Radio. Tema debat perdana untuk capres itu yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Berikut rincian durasi debat perdana capres:

Segmen 1:

Penyampaian visi misi dan program kerja. Durasi yang diberikan untuk penyampaian visi misi dan program kerja ialah selama 4 menit.

Segmen 2, 3, 4 dan 5:

Pendalaman visi misi, dan program kerja. Di segmen ini, akan ada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh moderator. Waktu menjawab ialah 2 menit.

Kemudian, para peserta debat lain akan saling menanggapi. Durasi yang diberikan untuk menanggapi dan menjawab tanggapan masing-masing 1 menit.

Segmen 6:

Penutup, atau closing statement. Masing-masing capres akan memberikan pernyataan penutup.sinpo

Komentar: