Jokowi Sebut Sistem Pendidikan Harus Siapkan Kebutuhan Masa Depan

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 11 Desember 2023 | 13:13 WIB
Presiden Jokowi. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pendidikan harus menjadi jembatan untuk kebutuhan masa depan generasi penerus bangsa. Untuk itu, sistem pendidikan di Indoensia harus sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Menurut Jokowi, sistem pendidikan juga harus memanfaatkan peluang yang ada, sebab perubahan dunia saat ini begitu sangat cepat.

"Oleh sebab itu, kita harus berani untuk berinovasi, menemukan cara-cara baru yang lebih inovatif dalam hal apa pun, dalam mengembangkan talenta-talenta muda kita," kata Jokowi di pembukaan Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka, di Jakarta pada Senin, 11 Desember 2023.

Jokowi mengatakan kolaborasi dunia pendidikan dan vokasi memiliki peran yang penting untuk mengajarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan.

"Yang bisa meningkatkan akses masyarakat untuk menikmati pendidikan yang lebih baik," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut, kolaborasi tersebut juga penting untuk mempersiapkan talenta muda agar mampu bersaing di dunia kerja.

"Sekarang ini jauh lebih konkret dan hasilnya tadi disampaikan Mas Menteri (Mendikbud Nadiem Makarim) bahwa global talent, competitiveness indeks kita naik sangat tinggi. Ini adalah sebuah hasil yang nyata, hasil yang konkret," tandasnya.sinpo

Komentar: