Survei Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Unggul di Semua Kategori Usia, Utamanya Generasi Z dan Milenial

Laporan: Martahan Sohuturon
Senin, 11 Desember 2023 | 11:42 WIB
Ilustrasi. (SinPo.id)
Ilustrasi. (SinPo.id)

SinPo.id - Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru bertajuk 'Prabowo-Gibran Unggul, Pemilih Bimbang Meningkat' untuk periode 29 November-4 Desember 2023.

Hasilnya, elektabilitas pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di puncak dengan perolehan 39,3 persen suara, mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang memperoleh 16,7 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 15,3 persen suara.

Adapun Prabowo-Gibran unggul di semua kategori usia, khususnya generasi Z dan Y (milenial), dengan persentase sebesar 54,5 persen.

"Suara Prabowo-Gibran menonjol di semua kategori usia, terlebih pada kalangan generasi Z dan Y (milenial). Dukungan dari generasi Z (17-25 tahun) bahkan mencapai 54,5 persen," tulis Litbang Kompas pada Senin, 11 Desember 2023.

Hasil survei yang sama turut mengungkap bahwa Prabowo-Gibran juga unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden.

"Suara untuk pasangan ini lebih tinggi daripada dua pasangan calon lawannya, baik di perdesaan maupun perkotaan, serta dominan di kalangan perempuan dan laki-laki," sambung Litbang Kompas.

Selanjutnya, keunggulan suara pasangan Prabowo-Gibran juga tampak pada hampir semua kelompok pemeluk agama, semua strata pendidikan, dan kelas sosial ekonomi.

Survei ini melibatkan 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Metode tersebut tersebut memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error lebih kurang 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Survei dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.sinpo

Komentar: