AS Veto Resolusi DK PBB Terkait Seruan Gencatan Senjata di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 10 Desember 2023 | 09:14 WIB
Dewan Keamanan PBB (Sinpo.id/Reuters)
Dewan Keamanan PBB (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Amerika Serikat (AS) veto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza. Pasalnya, gencatan senjata diperlukan untuk mencegah penderitaan massal yang berkelanjutan.

Britania Raya abstain dalam pemungutan suara tersebut, sementara 13 anggota Dewan Keamanan lainnya menyetujui rancangan resolusi yang diajukan oleh Uni Emirat Arab.

Resolusi tersebut juga menyerukan pembebasan segera semua tahanan, baik sandera Israel maupun Palestina. Namun wakil duta besar AS untuk PBB, Robert Wood, mengatakan gencatan senjata seperti itu hanya akan menjadi benih bagi perang berikutnya.

"Meskipun AS sangat mendukung perdamaian yang langgeng, di mana baik Israel maupun Palestina dapat hidup dalam damai dan aman, kami tidak mendukung seruan untuk segera melakukan gencatan senjata. Ini hanya akan menanam benih untuk perang berikutnya," kata Wood, dilansir dari The Independent, Minggu 10 Desember 2023.

Karena menurutnya, AS telah membantu membuka jalan untuk masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza, memperluas bantuan kepada warga sipil di Gaza, dan membebaskan banyak tahanan.

Meski demikian, para pejabat AS justru mengkritik militer Israel yang telah melanggar banyak aturan perang. Karena Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan lebih dari 17.480 orang telah terbunuh, dan setengah dari warga Palestina yang terbunuh sejauh ini adalah anak-anak.sinpo

Komentar: