Survei PatraData: Prabowo-Gibran Unggul di Pulau Jawa

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 09 Desember 2023 | 15:39 WIB
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Calon Presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto unggul di Pulau Jawa dengan mengantongi 36,3 persen suara berdasarkan hasil temuan survei yang dilakukan PatraData.

Survei opini publik dilakukan melalui sambungan telepon kepada sample responden di Pulau Jawa yang dipilih secara acak. Survei dilakukan pada tanggal 1 hingga 5 Desember 2023.

"Melalui pertanyaan simulasi tiga nama calon presiden, diketahui bahwa 36,3 persen responden memilih Prabowo Subianto, kemudian 31,4 persen memilih Ganjar Pranowo dan terakhir 26 ,6 persen memilih Anies Baswedan. Sementara itu terdapat 5,7 persen responden belum menentukan pilihannya," tulis rilis hasil survei PatraData yang diterima, Sabtu, 9 Desember 2023.

Kemudian pada simulasi head to head antara ketiga nama calon presden menunjukan bahwa Prabowo Subianto unggul secara signifikan dari Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan.

"(Sementara itu) Anies unggul 43,4 persen dari Ganjar yang meraih 40,3 persen, dan terdapat 16,3 persen responden menjawab tidak tahu/tidak jawab," paparnya.

Selanjutnya, PatraData juga memaparkan hasil dan temuan survei elektabilitas terhadap pasangan capres dan cawapres di Pulau Jawa pada Pilpres 2024.

Pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan angka keterpilihan 37,5 persen, untuk pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh 31,8 persen dan yang terakhir pasangan Anies-Muhaimin dengan 26,7 persen. 

"Untuk responden yang masih belum menentukan pilihan adalah 4,1 persen," teraangnya.

Sebagai informasi, jumlah responden survei PatraData sebanyak 1.200 orang dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sebesar 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 

Selanjutnya Quality Control (QC) dilakukan dengan menelepon ulang responden (call back) sebanyak 20 persen dari total sampel.sinpo

Komentar: