TNI-Polri Bakal Patroli Bersama Amankan Agenda Pemilu 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 05 Desember 2023 | 20:28 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (SinPo.id/Dok. Polri)
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (SinPo.id/Dok. Polri)

SinPo.id - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menemui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Selasa, 5 Desember 2023, hari ini. 

Agus mengatakan pihaknya membahas soal rencana TNI-Polri menggelar patroli bersama melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas mulai dari tingkat kecamatan hingga provinsi untuk mengawal agenda Pemilu 2024.

"Tadi juga dibahas adanya patroli bersama Babinsa dengan Bhabinkamtibmas sampai ke level kapolres, polda, dan kami bersama-sama sinergi,” ujar Agus usai pertemuan di Mabes Polri. 

Agus menyebut, sebelumnya Polri dan TNI sudah membuat deklarasi pemilu damai di setiap wilayah di seluruh Indonesia. Maka, kata dia, untuk memperkuat hal itu dilakukan patroli bersama.

“Tujuannya agar Pemilu 2024 berjalan lancar, aman, dan sesuai waktu yang ditentukan,” ungkap dia. 

Sementara itu, Kapolri Sigit menuturkan bahwa sinergi TNI-Polri diperlukan dalam mengawal pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, dan Pilkada serentak agar berjalan aman, lancar, dan damai.

“Tentunya Polri bersama TNI harus turun di lapangan, karena kami ingin memastikan bahwa yang namanya kegiatan tahapan pemilu, distribusi, pelaksanaan kampanye sampai dengan kegiatan di TPI nanti, pengawalan rekap, menghadapi sengketa-sengketa yang ada semua bisa berjalan dengan aman dan damai,” kata Sigit. 

Sigit pun kembali berpesan jika persatuan dan kesatuan tetap  dijaga di tengah perbedaan pendapat dalam pemilihan calon presiden.

“Perbedaan pendapat di tengah perbedaan pilihan itu bagian dari demokrasi dan tugas kita mengawal agar demokrasi dapat berjalan dengan baik,” tuturnya. sinpo

Komentar: