Jokowi: Indonesia dan Singapura Bidding Bersama Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 04 Desember 2023 | 16:57 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Indonesia dan Singapura akan melakukan bidding bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2025. Hal itu diungkapkannya di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sebelum menjalani kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya telah memerintahkan kepada PSSI dan Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2025, bidding bersama-sama dengan Singapura," kata Jokowi dalam dalam keterangannya, Senin, 4 Desember 2023.

Jokowi menjelaskan, selain mengajukan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Indonesia dan Singapura juga mengajukan diri jadi host Piala Dunia U-17 pada 2025 hingga 2029.

"Semakin banyak ikut mengikuti kompetisi tingkat dunia maka semakin baik untuk U-17 dan U-20. Saya yakin Indonesia dan Singapura akan menjadi tuan rumah yang baik," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi memastikan bahwa sudah ada perjanjian kerja sama antara PSSI dan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) untuk melakukan bidding bersama.

"Mungkin perlu saya sampaikan untuk declaration of interest yang sudah ditandatangani oleh PSSI dan oleh Football Association of Singapore (FAS), semuanya sudah," tegasnya.

Seperti diketahui, Indonesia baru saja menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Sebelum Piala Dunia U-17, Indonesia sebenarnya telah terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Akan tetapi, Indonesia batal menggelar Piala Dunia U-20 karena status tuan rumah dibatalkan oleh FIFA. Hal ini terjadi usai muncul polemik penolakan Timnas Israel U-20 untuk bertanding di Indonesia.sinpo

Komentar: