Prabowo-Gibran Sudah Sangat Siap Ikut Debat Capres

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 03 Desember 2023 | 09:15 WIB
Prabowo disambut para pendukungnya (Sinpo.id/Tim Media)
Prabowo disambut para pendukungnya (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman menegaskan pihaknya tidak akan menyerang paslon lain dalam sesi debat Pilpres 2024.

Habiburokhman menuturkan bahwa adu gagasan dalam debat lebih dinanti rakyat, ketimbang sibuk menyerang personal antar paslon.

"Pasangan Prabowo-Gibran Kami pastikan tidak akan memakai strategi menyerang paslon  lain saat Debat capres dan Cawapres pertama 12 Desember yang akan datang," kata Habiburokhman dalam keterangannya, Minggu, 3 Desember 2023.

Habiburokhman menjelaskan bahwa TKN faham jika paslon lain juga merupakan putra terbaik bangsa, sehingga gagasan paslon lain lebih layak jadi fokus dalam sesi debat nanti.

"Kami yakin bahwa pak Ganjar, pak Mahfud, pak Anis serta pak Muhaimin adalah putra putra terbaik bangsa, Idealisme mereka dan hati mereka pasti sama dengan paslon kami yakni merah putih sejati dan Ingin melakukan hal-hal yang terbaik untuk bangsa dan negara kita," kata dia.

Lebih jauh, Habiburokhman menjabarkan bahwa Prabowo-Gibran saat ini telah siap mengikuti sesi debat Pilpres.

"Pak Prabowo dan Mas Gibran sangat siap dengan tema debat besok soal hukum, Ham, pemberantasan korupsi dan penguatan demokrasi," tukas dia.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan jadwal depat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 akan digelar sebanyak lima kali.

Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik menjelaskan, lima kali debat itu akan dibagi dalam tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. Namun, keduanya diharuskan hadir di setiap sesi debat.

"(Debat) capres tiga kali, cawapres dua kali. Di setiap debat, rencananya akan didampingi oleh pasangan masing-masing hadir (capres-cawapres)," kata Idham Holik dalam keterangannya yang diterima, Sabtu, 2 Desember 2023.

Debat capres-cawapres rencananya akan dilakukan selama lima kali dan seluruhnya akan berlangsung di Jakarta. Selain itu, debat juga akan diselenggarakan dengan mengusung lima tema yang berbeda-beda.

Debat pertama diselenggarakan di Kantor KPU pada 12 Desember 2023, terkait hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Kedua pada 22 Desember 2023 mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional. 

Ketiga pada 7 Januari 2024 dengan tema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Keempat pada 21 Januari 2024, mengusung tema energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Kelima pada 4 Februari 2024, tema debat yang diusung yakni teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.sinpo

Komentar: