LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 Dorong Pergerakan Wisatawan

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 03 Desember 2023 | 07:39 WIB
LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023
LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023

SinPo.id -  Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo berharap penyelenggaraan LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 yang menjadi rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dapat mendorong pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2023.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo berharap penyelenggaraan LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 yang menjadi rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dapat mendorong pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2023, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dalam acara pembukaan LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 di Terra Atrium Mall Central Park, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 merupakan kegiatan yang diinisiasi Kemenko Marves bersama Kemenparekraf yang didukung Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) dan ASTINDO.

"Ini menjadi peluang untuk seluruh kawan-kawan travel agent. Banyak sekali destinasi di Indonesia yang bisa dikenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Maka peran dari para travel agent perlu kita dorong bersama," kata Wamenparekraf Angela dalam pembukaan LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 di Terra Atrium Mall Central Park, Jakarta, Jumat 1 Desember 2023

Penyelenggaraan LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 yang berlangsung selama tiga hari mulai 1 hingga 3 Desember 2023, bertepatan dengan libur Natal dan tahun baru 2023/2024. Dimana libur Natal dan tahun baru menjadi salah satu peak season sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Tahun lalu Natal dan tahun baru mencatatkan kurang lebih 44 juta pergerakan. Tahun ini, Kemenhub memperkirakan akan terjadi sekitar 104 juta-107 juta pergerakan. Ini membuktikan bahwa ada gairah untuk sektor pariwisata domestik kita," ujar Angela.

Pergerakan wisatawan nusantara sampai September 2023 sudah mencapai 50 persen atau sekitar 626 juta dari total target 1,2 miliar – 1,4 miliar pergerakan yang ditargetkan Kemenparekraf.

LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair menghadirkan 29 booth yang terdiri dari beberapa travel agent, perwakilan pengelola desa wisata, transportasi rental, hingga akomodasi.

Mereka menawarkan berbagai paket wisata menarik untuk perjalanan ke berbagai daerah di nusantara. Mulai dari 5 destinasi pariwisata super prioritas yaitu Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, dan Danau Toba hingga sejumlah desa wisata.

Promo yang ditawarkan pun beragam di antaranya cashback hingga Rp500 ribu dengan kuota 100 orang per hari. Diskon Rp350 ribu dengan kuota sebanyak 185 orang. Lalu super last deal sebesar Rp1 juta. Kemudian ada cicilan 0 persen hingga doorprize tiket pulang pergi (pp) ke Labuan Bajo.

Ketua Umum DPP Astindo, Pauline Suharno, mengatakan ada sejumlah diskon pada LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 yang bisa menunjang harga tiket maupun harga paket tur. Pauline berharap nilai transaksinya dapat menembus Rp7 miliar dengan target 15 ribu pengunjung.

"Kami berkomitmen mendukung pemerintah pusat untuk tetap mengembangkan pariwisata nusantara," kata Pauline.

Turut mendampingi Wamenparekraf, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono.

Hadir pula Deputi Koordinator Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, RM. Odo Manuhutu; Plt. Direktur Eksekutif SDM dan Administrasi LPS, Rudi Rahman; dan Ketua Umum GIPI, Hariyadi Sukamdani.sinpo

Komentar: