KPU: Debat Capres Digelar Tiga Kali, Cawapres Dua Kali

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 02 Desember 2023 | 21:23 WIB
Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Kholik (Sinpo.id/Khaerul Anam)
Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Kholik (Sinpo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan jadwal depat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 akan digelar sebanyak lima kali.

Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik menjelaskan, lima kali debat itu akan dibagi dalam tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. Namun, keduanya diharuskan hadir di setiap sesi debat.

"(Debat) capres tiga kali, cawapres dua kali. Di setiap debat, rencananya akan didampingi oleh pasangan masing-masing hadir (capres-cawapres)," kata Idham Holik dalam keterangannya yang diterima, Sabtu, 2 Desember 2023.

Idham mengatakan, kehadiran pasangan capres dan cawapres pada setiap debat merupakan opsi terbaik agar masyarakat mendapat informasi yang lebih utuh.

"(Misal) debat capres, jadi porsi waktunya semua itu untuk capres. Tapi misalkan begini, boleh ngga pendampingnya itu menambahkan?, boleh ngga pendampingnya itu ketika misalkan ditanya oleh seorang capres, 'apakah bapak selaku cawapres itu memahami visi yang diusung oleh pak capres?' lah kalau pertanyaan begitu, boleh ngga cawapres menjawab?," papar Idham.

Namun begitu, Idham menegaskan, saat berlangsung debat capres, proporsi bicara lebih banyak capres dari cawapres. Begitu pun saat debat cawapres, proporsi bicara cawapres akan lebih banyak dari capres.

"Jadi di setiap debat itu, tergantung pada, debat kali ini untuk debat siapa? kalau itu debatnya capres, maka aktor utamanya capres. kalau debat cawapres, maka aktor utamanya adalah cawapres," tegas Idham.

"Kita musti ingat, yang namanya calon presiden dan calon wakil presiden itu adalah calon dwitunggal," tandasnya.

sinpo

Komentar: