Jokowi Bertolak Ke Dubai UEA, Hadiri KTT COP28

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 30 November 2023 | 13:14 WIB
Presiden Jokowi bertolak ke UEA (Sinpo.id/Setpres)
Presiden Jokowi bertolak ke UEA (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama delegasi terbatas bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menghadiri World Climate Action Summit COP28.

Pesawat kepresidenan yang membawa Jokowi beserta delegasi terbatas lepas landas dari Base Ops landasan udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Harapan dunia terhadap COP28 ini sangat besar agar ada aksi global yang nyata untuk pembatasan kenaikan suhu di dunia," kata Jokowi dalam keterangannya, Kamis, 30 November 2023.

Jokowi memaparkan, komitmen nyata harus diperkuat, khususnya komitmen negara-negara maju untuk pendanaan iklim, terutama dalam rangka mencapai target net zero emission.

"Dalam KTT COP 28 ini, saya akan menyampaikan pengalaman Indonesia dan mempertegas pentingnya kolaborasi global untuk pendanaan iklim serta pentingnya transisi yang inklusif untuk menjamin keberlanjutan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di negara-negara berkembang," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga akan menghadiri presidency event dan akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat.

"Saya juga akan menghadiri presidency event terkait transformasi food system, menghadiri KTT G77 dan China, serta melakukan beberapa pertemuan bilateral," ungkap Jokowi.

"Saya dan rombongan insyaallah akan kembali ke Jakarta tanggal 3 Desember. Minggu pagi," tandasnya.sinpo

Komentar: