Dorong Perdamaian di Kawasan Laut Pasifik, Indonesia Ajukan Resolusi

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 27 November 2023 | 10:18 WIB
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Putu Supadma Rudana. (Sinpo.id/ Dok. DPR)
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Putu Supadma Rudana. (Sinpo.id/ Dok. DPR)

SinPo.id - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana, mengatakan Indonesia sebuah resolusi tentang mengawal keamanan maritim, dalam Plenary Session Political and Security Matters APPF (Asia-Pasific Parliamentary Forum).

"Resolusi ini agar semuanya mengatur code of conduct yang memang akan mendorong kedamaian dan perdamaian di kawasan Laut Pasifik secara lebih khusus Laut China Selatan, yang memang pada saat ini mungkin kondisinya terjadi eskalasi," kata Putu, dikutip Senin 27 November 2023.

Menurutnya, resolusi tersebut sangat penting mengingat Laut Cina Selatan masih mengalami gesekan-gesekan, dan sengketa. Sehingga perlu dibuat resolusi yang mampu mengakomodasi kepentingan bersama, agar konflik yang terjadi saat ini tidak berkepanjangan.

"Melalui dialog atau diplomasi parlemen ini menjadi sangat penting untuk menemukan satu kesepakatan bersama agar tidak terealasi menjadi konflik yang pada ujungnya berisiko pada kestabilan dan stabilitas keamanan, dan perdamaian di kawasan Asia Pasifik, secara lebih khusus di Laut Cina Selatan," ungkapnya.

Namun selain resolusi tersebut, pertemuan tahunan APPF ke-31 juga menghasilkan beberapa resolusi lainnya. Seperti resolusi di bidang ekonomi dan perdagangan, serta kerja sama regional.sinpo

Komentar: