Novel Baswedan Mengaku Tak Pernah Calonkan Diri Jadi Ketua KPK Pengganti Firli

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 26 November 2023 | 03:19 WIB
Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan (SinPo.id/ Humas Polri)
Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengaku tidak pernah mencalonkan diri sebagai ketua KPK untuk menggantikan Firli Bahuri.

Firli diberhentikan sementara usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh Polda Metro Jaya.

"Saya, dalam suatu acara diskusi, katakan bahwa bila saya dipandang perlu untuk berkontribusi di KPK, maka saya akan mendaftar untuk mengikuti proses seleksi pimpinan KPK, bukan mencalonkan diri menjadi pimpinan KPK menggantikan Firli," kata Novel seperti dikutip Antara pada Sabtu, 25 November 2023.

Novel menjelaskan dia tidak pernah mencalonkan dirinya sebagai ketua KPK, karena mekanisme penggantian pimpinan KPK telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Mekanisme penggantian pimpinan KPK ditentukan dalam Undang-Undang KPK," tambahnya.

Pernyataan Novel tersebut untuk merespons sejumlah pemberitaan yang menyebut bahwa dia mencalonkan diri sebagai ketua KPK pengganti Firli Bahuri.

Menurut Novel, hal terpenting dilakukan adalah mengusut dan menghukum berat semua pihak yang terlibat dalam kasus yang menjerat Firli Bahuri.

"Sekarang ini, yang penting adalah semua yang terlibat dalam kasus Firli harus diusut dan dihukum berat, sehingga KPK bisa diselamatkan agar kembali menjadi harapan," ujar Novel.sinpo

Komentar: