Israel Serang Bangunan Sekolah di Gaza Utara, Puluhan Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 November 2023 | 09:20 WIB
Kondisi bangunan pasca digempur Israel (Sinpo.id/Reuters)
Kondisi bangunan pasca digempur Israel (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id - Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, sedikitnya 50 orang tewas dalam serangan Israel terhadap sekolah al Fakhoura yang dikelola PBB, di kamp pengungsi Jabalia. Sekitar 32 orang di antaranya tewas dalam serangan terpisah di gedung lain di kamp yang sama.

Komisaris Jenderal Badan Pengungsi Palestina PBB (UNRWA), Philippe Lazzarini, mengatakan diriny telah melihat gambar mengerikan tentang orang-orang yang terbunuh dan terluka di sebuah sekolah yang dikelola oleh organisasi tersebut.

“Kami menerima gambar dan rekaman video mengerikan yang memperlihatkan sejumlah orang yang terbunuh dan terluka di sekolah UNRWA yang menampung ribuan pengungsi di utara Jalur Gaza,” tulis Lazzarini di X, dikutip dari Sky News, Minggu 19 November 2023.

“Serangan-serangan ini tidak bisa menjadi hal yang biasa, mereka harus dihentikan. Gencatan senjata kemanusiaan tidak bisa ditunda lebih lama lagi," sambungnya.

Berdasarkan rekaman yang beredar terkait serangan tersebut, terlihat perempuan dan anak-anak di antara mereka yang tergeletak tidak bergerak, serta berlumuran darah di lantai gedung.

“Pemandangan pembantaian dan kematian setelah serangan terhadap al Fakhoura, di Gaza yang menewaskan banyak anak-anak dan perempuan sungguh mengerikan," tulis Direktur Unicef untuk Timur Tengah, tulis Adele Khodr di X, seraya meminta agar serangan Israel segera dihentikan.

Seperti diketahui, Kamp Jabalia telah diubah menjadi tempat perlindungan bagi pengungsi Palestina ketika pemboman Israel terus berlanjut di wilayah tersebut. Terlebih hingga saat ini, lebih dari 12 ribu orang tewas akibat kekejaman Israel.sinpo

Komentar: