Semua Pihak Diminta Kedepankan Keteladanan dalam Pemilu 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 16 November 2023 | 21:08 WIB
Waketum PKB, Jazilul Fawaid (SinPo.id/ Dok. PKB)
Waketum PKB, Jazilul Fawaid (SinPo.id/ Dok. PKB)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid berharap adanya keteladanan pada Pemilu 2024. Keteladan diharap dikedepankan semu pihak agar kontestasi politik di Tanah Air berjalan dengan baik.

"Keteladanan sangat penting untuk ditunjukkan pada Pemilu 2024" kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 16 November 2023.

Jazilul mengaku yakin aparat penegak hukum bisa menjaga netralitasnya selama perhelatan Pemilu 2024. Dia mengingatkan kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

"Saya yakin aparat akan menggunakan akal sehat. Kami tidak menuduh, cuma berharap agar kekuasaan yang diamanatkan oleh rakyat dan juga dibiayai oleh rakyat, tidak disalahgunakan ketika pesta rakyat," katanya.

Dia mengatakan sejak dahulu pemilu dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, jujur, dan adil (luber jurdil).

"Ketika dalam fakta prosesnya, banyak hal-hal yang tidak terpuji. Seperti banyak kebohongan, ada manipulasi hukum, lebih keras lagi ada penyelundupan," katanya.

Menurut dia, proses yang tidak terpuji dapat dihindari agar tidak melahirkan ketidakpercayaan publik terhadap lembaga-lembaga negara. Dia khawatir ketidakpercayaan masyarakat pada Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hingga DPR akan memunculkan anarki.

"Mari kita hindari perbuatan yang tercela, yang mengakibatkan orang tidak lagi percaya pada institusi demokrasi. Itu mahal itu ongkosnya," katanya.sinpo

Komentar: