Antisipasi Banjir, Lumpur di Kanal Banjir Barat Dikeruk

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 15 November 2023 | 07:10 WIB
Ilustrasi banjir (pixabay)
Ilustrasi banjir (pixabay)

SinPo.id -  Program penanggulangan banjir terus dilakukan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat. Salah satunya dengan melakukan pengerukam lumpur pada badan sungai, waduk, maupun saluran air. Ini dilakukan untuk menambah kapasitas daya tampung air saat musim penghujan.

Terbaru, pengerukan lumpur dilakukan di Kanal Banjir Barat (KBB) yang melintas di wilayah Jakarta Barat tepatnya mulai dari Kelurahan Kota Bambu Selatan di Kecamatan Palmerah hingga kawasan RPTRA Kalijodo di Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora.

“Pengerukan lumpur KBB merupakan program Dinas SDA DKI Jakarta yang pengerjaannya dilakukan sudin di masing-masing wilayah. Pengerjaannya serentak sudah dilakukan sejak September 2023,” ujar Purwanti, Kepala Sudin SDA Jakarta Barat, Selasa 14 November 2023

Dijelaskan Purwanti, untuk pengerjaan di Kota Bambu Selatan hingga Kelurahan Angke dilakukan sepanjang empat kilometer dengan kedalaman pengerukan 1,5 meter.

Untuk pengerjaannya, dibagi menjadi tiga segmen, yaitu segmen satu kawasan Kota Bambu Selatan mengerahkan dua ekskavator, serta segmen dua kawasan Season City mengerahkan empat ekskavator masing-masing dua di badan sungai dan dua di darat. Terakhir, atau segmen tiga di kawasan Kalijodo mengerahkan empat ekskavator, dua di badan sungai dan dua di darat.

Ditambahkan Purwanti, untuk pengerjaan di Kelurahan Angke sudah rampung. Saat ini pengerjaan masih berlangsung di kawasan Kota Bambu Selatan dan Season City.

“Pengerjaannya sudah mencapai 70 persen. Kami berharap dengan pengerukan yang dilakukan dapat menambah kapasitas daya tampung air saat musim hujan sehingga bisa meminimalisir genangan yang diakibatkan meluapnya KBB,” tandas Purwanti.sinpo

Komentar: