Jokowi Rangkul Presiden Palestina di KTT OKI

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 12 November 2023 | 12:57 WIB
Momen Presiden Jokowi rangkul Presiden Palestina, Mahmoud Abbas (Sinpo.id/Setkab)
Momen Presiden Jokowi rangkul Presiden Palestina, Mahmoud Abbas (Sinpo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) merangkul Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat keduanya bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi.

Kehadiran Jokowi di KTT Luar Biasa OKI untuk bersama-sama dengan para pemimpin negara lainnya membahas situasi konflik di Gaza, Palestina akibat agresi militer Israel.

"Rangkulan persahabatan untuk Yang Mulia Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang saya temui di sela-sela pelaksanaan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam di King Abdulaziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi hari ini," tulis Jokowi melalui Instagram-nya, dikutip Minggu, 12 November 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan keprihatinan Indonesia terhadap peristiwa yang dialami warga Palestina.

"Kepada Presiden Mahmoud Abbas saya menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa yang terjadi di Palestina," ujarnya.

Jokowi juga telah menyampaikan pernyataan sikapnya di forum KTT Luar Biasa OKI. Ia mendorong negara-negara OKI bersatu dan berada di garda terdepan dalam penyelesaian krisis di Gaza, Palestina. 

“OKI harus bersatu, harus berada di garis depan menggunakan semua cara damai, semua pengaruh, dan semua upaya diplomasi untuk bela keadilan dan kemanusiaan bagi Palestina,” paparnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyatakan tindakan keji terhadap warga sipil Palestina di Tepi Barat adalah pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan.

"Indonesia berkomitmen mendukung Palestina secara optimal dan konkret. Kekerasan harus segera dihentikan. Pemindahan paksa warga sipil harus diakhiri dan aturan kemanusiaan harus segera diberikan," tandasnya.
sinpo

Komentar: