Merdeka Innovation Summit 2023 Dorong Inovasi dan Riset di Perguruan Tinggi

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 12 November 2023 | 02:01 WIB
Kemendikbudristek dan Kedaireka gelar Merdeka Innovation Summit 2023
Kemendikbudristek dan Kedaireka gelar Merdeka Innovation Summit 2023

SinPo.id -  Pada tahun 2023, Indonesia meraih peringkat kelima 5 dari 132 negara dalam Indeks Inovasi Global untuk kolaborasi riset dan pengembangan antara universitas dan industri. Pencapaian ini mencerminkan pertumbuhan dan dampak signifikan dalam inovasi di Indonesia.

Maka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) dan Kedaireka, menyelenggarakan Merdeka Innovation Summit 2023 (MIS)  pada 16-17 November 2023.  

"Langkah ini upaya mendorong kolaborasi inovasi lebih lanjut di Indonesia, Acara ini tidak hanya menjadi wahana kolaborasi inovasi tingkat nasional, tetapi juga membuka peluang kolaborasi inovasi secara internasional," kata Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam. 

Baca Juga: Proyek IKN Jadi Pendorong Pengembangan Potensi Daerah Melalui Pendidikan Vokasi

Merdeka Innovation Summit 2023 fokus pada peningkatan pembangunan manusia, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, serta keadilan dalam pengembangan dan peningkatan ketahanan nasional dan tata kelola.

Ketua Pelaksana MIS 2023, Achmad Adhitya menambahkan, Merdeka Innovation Summit berperan sebagai platform untuk menyoroti peran setiap pemangku kepentingan dalam mendorong inovasi dan menciptakan solusi. 

Peserta akan memiliki kesempatan unik untuk belajar, berjejaring, dan berkolaborasi. Melalui berbagai diskusi, dialog, dan pertukaran pengetahuan, summit ini bertujuan untuk memupuk hasrat kuat untuk tindakan kolektif, serta mengembangkan budaya kolaborasi dan inovasisinpo

Komentar: