DPR Sebut Tidak Ada Perbankan Sesukses BRI di Segmen UMKM

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 07 November 2023 | 20:51 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati (SinPo.id/Instagram)
Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati, mengatakan saat ini tidak ada satupun lembaga perbankan dunia yang bisa sesukses Bank Rakyat Indonesia (BRI) di segmen UMKM. Sehingga menurutnya, upaya BRI untuk mensejahterakan UMKM patut didukung dan diapresiasi.

"Prof. Jay K. Rosengard dari Harvard Kennedy School juga mengakui peran BRI terhadap UMKM. Jadi lembaga perbankan dunia lain yang mencoba masuk ke segmen UMKM, tidak ada yang sesukses BRI," kata Anis, dalam keterangan persnya, Selasa 7 November 2023.

Selain itu, ia juga memberikan tanggapan positif terhadap adanya BRILink yang sangat membantu masyarakat hingga ks pelosok-pelosok daerah di Indonesia. Karena dengan kehadiran BRILink, masyarakat yang tinggal di perkampungan dapat terbantu.

Oleh karena itu, Anis berharap BRI dapat terus membantu masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana untuk menghapuskan ketergantungan masyarakat terhadap praktik rentenir. 

Menurutnya, apabila BRI dengan jaringan yang luas melalui BRILink dapat melakukan fungsi peer to peer lending yang dekat kepada masyarakat, maka BRI tidak hanya akan berperan untuk memberdayakan UMKM, tetapi juga dapat membantu masyarakat jika membutuhkan pinjaman segera dengan mudah.

"Harapannya, masyarakat akan lebih terbantu di samping adanya fasilitas lain seperti  koperasi, hanya saja koperasi belum menjangkau pelosok seperti BRILink. Semoga BRILink dapat ditingkatkan lagi fungsinya untuk kebaikan masyarakat Indonesia,” ungkapnya.sinpo

Komentar: