Rusia Lancarkan Serangan di Ukraina Timur demi Membalas Kekalahan

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 03 November 2023 | 09:58 WIB
Kondisi perairan di wilayah Ukraina Timur (Sinpo.id/Reuters)
Kondisi perairan di wilayah Ukraina Timur (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Pasukan Rusia saat ini tengah berusaha untuk berkumpul kembali dan membalas kekalahan mereka di dekat kota Avdiivka, Ukraina timur. Diketahui lojasi tersebut merupakan tempat berlangsungnya pertempuran sengit sejak pertengahan Oktober lalu.

Menurut Kyiv, pasukan Rusia kembali melancarkan serangan dengan membombardir 118 kota, serta desa di Ukraina selama 24 jam, termasuk di jalur pelayaran Laut Hitam, dan serangan tersebut menjadi yang paling intens tahun ini.

"Pesawat-pesawat tempur Vladimir Putin telah menjatuhkan benda-benda peledak ke jalur pelayaran sipil di Laut Hitam," demikian dikutip dari pernyataan komando militer di wilayah tersebut, dilansir dari The Independent, Jumat 3 November 2023.

“Pihak penjajah terus meneror jalur pelayaran sipil di Laut Hitam dengan penerbangan taktis, menjatuhkan benda-benda peledak ke jalur lalu lintas kapal sipil. Ada tiga penurunan yang tercatat dalam 24 jam terakhir. Namun, koridor navigasi tetap berfungsi di bawah pengawasan pasukan pertahanan," sambung pernyataan tersebut.

Dengan serangkaian serangan tersebut, Ukraina kemudian mencoba membangun jalur pelayaran baru tanpa persetujuan Rusia untuk menghidupkan kembali ekspor penting lintas lautnya.

Namun Moskow mengatakan bahwa mereka akan menganggap kapal mana pun sebagai target militer setelah Rusia keluar dari perjanjian yang ditengahi PBB untuk mengizinkan barang-barang Ukraina melintas di Laut Hitam.sinpo

Komentar: