Pantun Jokowi Kepada CEO di IKN: Supaya Pembangunan Maju Terus, Pinjam Dulu Seratus

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 02 November 2023 | 17:09 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri acara Kompas 100 CEO Forum di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (SinPo.id/BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri acara Kompas 100 CEO Forum di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pidatonya dengan berpantun saat menghadiri acara Kompas 100 CEO Forum di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Jokowi menyebut budaya di Kalimantan biasanya sebelum sambutan itu didahului dengan pantun. Dalam kesempatan itu, ia ingin mencoba berpantun.

"Ikan lohan, ikan gabus. Direndam dulu, baru diresbus. Supaya pembangunan maju terus, pinjam dulu seratus," ucap Jokowi disambut tawa para CEO yang hadir, Kamis, 02 November 2023.

Jokowi menjelaskan, yang dimaksud 'seratus' adalah 100 orang CEO dalam forum Kompas, bukan uang.

"Dikit-dikit uang, dikit-dikit duit. Ya memang duit itu perlu untuk membangun negeri ini," ujarnya.

Mantan Walikota Solo itu melanjutkan sambutannya dengan menyebut jika orang-orang kadang lupa bahwa Indonesia itu merupakan negara yang besar.

"Banyak yang belum tau, saya sering berbicara dengan berbagai kepala pemerintahan negara lain, bahwa kita punya 17.000 pulau, belum tau. Bahwa penduduk kita hampir 280 juta juga banyak yang belum tau," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, hal itu karena pembangunan berpusat di Jawa. Dengan dibangunnya IKN membuka mata dunia bahwa Indonesia memiliki wilayah yang luas.

Perlu pembangunan yang merata untuk memajukan Indonesia. Namun, pembangunan itu tidak dapat hanya dilakukan oleh pemerintah.

"Butuh peran semua dari kita, termasuk utamanya para pengusaha, para investor, pra CEO, termasuk bapak-ibu yang hadir di sini," tandasnya.sinpo

Komentar: