Lionel Messi Raih Ballon d'Or 2023, Jadi yang ke-8

Laporan: Martahan Sohuturon
Selasa, 31 Oktober 2023 | 09:36 WIB
Lionel Messi. (SinPo.id/AFP/Getty Images)
Lionel Messi. (SinPo.id/AFP/Getty Images)

SinPo.id - Lionel Messi meraih Ballon d'Or 2023 usai mengalahkan dua pesaingnya, Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Pada gala yang berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis pada Selasa, 31 Oktober 2023 dini hari WIB, Messi resmi dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia.

Ini menjadi Ballon d'Or kedelapan Messi di sepanjang karier profesionalnya.

Messi memiliki besar mengantar timnas Argentina juara Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Messi dkk keluar sebagai kampiun usai mengalahkan Prancis di final.

Dengan modal itu, La Pulga berhasil memenangkan Ballon d'or 2023. Ia sukses mengalahkan Haaland yang merengkuh treble, termasuk Liga Champions 2022/2023 bersama Manchester City.

Tahun lalu, Ballon d'Or 2022 dimenangkan Karim Benzema saat masih membela Real Madrid. Striker Prancis itu sukses mengalahkan Sadio Mane dan Kevin De Bruyne.

Pada 2023, penghargaan bergengsi tersebut jadi milik Messi.

Sebelumnya Messi memenangi Ballon d'Or pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021. Dengan demikian, Messi semakin sulit dikejar dalam perburuan penghargaan individual prestisius ini.

Belum ada satu pemain yang mampu menyamai prestasi sang megabintang hingga saat ini.

Cristiano Ronaldo adalah kolektor Ballon d'Or terbanyak setelah Messi. Hingga kini Ronaldo telah mengantongi lima gelar.

Saat di panggung, Lionel Messi berterima kasih kepada rekan satu tim di timnas Argentina. Juara Piala Dunia 2022 di Qatar jadi faktor utama La Pulga meraih Ballon d'Or 2023.

"Terima kasih banyak, saya berbagi ini dengan rekan-rekan setim nasional saya atas apa yang dapat kami capai bersama tim nasional," ujar Messi dikutip dari Eurosport.

"Seluruh tim, staf pelatih, semua orang yang terlibat. Saya senang berada di sini sekali lagi untuk dapat menikmati momen ini sekali lagi," ucap Messi menambahkan.

Juara Piala Dunia 2022 jadi penghargaan tertinggi dalam karier Messi. Karena itu juga pemain 36 tahun ini begitu 'mengagung-agungkan' prestasi tersebut.

Tidak saja apresiasi kepada timnas Argentina, Messi yang kini bermain untuk klub MLS Inter Miami membawa nama mendiang Diego Maradona yang berulang tahun pada Senin, 30 Oktober 2023 atau saat hari penghargaan waktu setempat.

"Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Diego Maradona," tutur Messi.sinpo

Komentar: