Warisan Budaya RI Dihadirkan di Indonesian Cultural Night 2023

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 31 Oktober 2023 | 01:15 WIB
Indonesian Cultural Night
Indonesian Cultural Night

SinPo.id -  KBRI Stockholm hadir kembali dengan Indonesian Cultural Night 2023 yang digelar di Folk Mat & Möten, Kota Malmö, Swedia 27 Oktober 2023. Acara tahunan ini diselenggarakan sebagai ajang untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Swedia dan juga warga asing lainnya yang berdomisili di Swedia. Indonesian Cultural Night 2023 dihadiri oleh 200 tamu undangan yang terdiri dari kalangan pengusaha, pejabat pemerintah, diplomatik, akademisi, dan mahasiswa.

Dubes RI Stockholm, Kamapradipta Isnomo dalam sambutannya menyampaikan promosi budaya dan komoditas kopi merupakan cara terbaik dalam memperkenalkan Indonesia dan meningkatkan people-to-people contact. Selain itu, pilihan kota Malmo untuk promosi budaya sangat tepat mengingat Malmo merupakan kota besar yang multikultur dan pusat berbagai perusahaan dan universitas yang terkenal di Swedia yang berbatasan dengan Denmark.


Ms. Carina Nilsson, ketua Dewan Kota Malmo menyambut kegiatan budaya Indonesia di Malmo yang dapat menjadi jembatan bagi pertukaran budaya antara Swedia dan Indonesia. Menurutnya, semboyan Indonesia, unity in diversity dapat diterapkan juga di Malmo mengingat Malmo adalah kota dengan masyarakat multikultur yang sangat terbuka tidak hanya terhadap ide-ide baru dan kegiatan bisnis namun juga terhadap orang-orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda.​

Kegiatan dimulai dengan Fika Reception di mana para tamu dapat saling berinteraksi sembari menikmati jajanan khas Indonesia dan merasakan suguhan teh dan kopi Gayo unggulan Indonesia yang disiapkan oleh roastery lokal Swedia. Fika adalah budaya Swedia untuk menikmati kopi dan cemilan di sela-sela hari. Setelah resepsi Fika, acara dimulai di dalam aula pertunjukan Folk Mat & Möten yang menyuguhkan elatase keragaman budaya Indonesia melalui tari-tarian tradisional serta pertunjukan musik gamelan.

Berbagai tari tradisional seperti tari Medley Wonderful Indonesia, Tari Tor-tor, Tari Janger, Tari Jaipong, Tari Kipas, dan Burung Enggang ditampilkan oleh Bagusforeningen yang merupakan asosiasi persahabatan Swedia-Indonesia yang berdomisili di kota Malmö. Selain itu juga terdapat penampilan musik gamelan yang dipersembahkan oleh Bilawa Ade Respati yang merupakan seniman Indonesia yang saat ini sedang berkiprah di Eropa. Bilawa dan tim menampilkan dua pertunjukan yakni gamelan klasik dengan instrumen minimalis dan gamelan kontemporer yang mampu membius para tamu undangan dengan alunan ketukan dan harmonisasi musik kontemporer yang merdu dari gamelan yang dimainkan.

Acara ini dimeriahkan oleh lomba kontes foto yang disponsori oleh sebuah maskapai internasional dan Wonderful Indonesia Travel.  Antusiasme dari pengunjung memuncak ketika kontes berlangsung. Pemenang dari lomba tersebut mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Indonesia.

Malam budaya Indonesia tersebut berlangsung meriah dan terdapat beberapa pengunjung yang hadir menyatakan ketertarikannya untuk mengunjungi Indonesia setelah menyaksikan keragaman dan keunikan budaya Indonesia tersebut.sinpo

Komentar: