Usut Pertemuan SYL dengan Firli, Dewas KPK Mulai Periksa Saksi

Laporan: david
Rabu, 25 Oktober 2023 | 16:38 WIB
Foto viral pertemuan antara Firli Bahuri dan Mentan SYL (Sinpo.id/Twitter)
Foto viral pertemuan antara Firli Bahuri dan Mentan SYL (Sinpo.id/Twitter)

SinPo.id - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) sudah mengklarifikasi sejumlah saksi untuk mengusut dugaan pelanggaran kode etik Ketua KPK Firli Bahuri yang bertemu dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Masih dalam proses, sudah beberapa orang [diklarifikasi]. Jumlah pasti saya lupa karena ada beberapa kasus yang dalam proses," ujar Anggota Dewas KPK Albertina Ho dalam keterangan tertulis, Rabu, 25 Oktober 2023.

Namun demikian, Dewas KPK enggan menyebut siapa saja saksi yang sudah dan akan dihadirkan. Dewas KPK memastikan, salah satu pihak yang akan dihadirkan adalah Firli Bahuri.

"Seperti biasanya, Pak FB (Firli Bahuri) selaku terlapor diklarifikasi terakhir. Belum dijadwalkan," kata Anggota Dewas KPK lainnya Syamsuddin Haris.

Sebelumnya, Firli dilaporkan ke Dewas KPK atas pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku terkait dugaan pertemuan dengan SYL. Laporan dilayangkan oleh Komite Mahasiswa Peduli Hukum pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Koordinator Komite Mahasiswa Peduli Hukum Febrianes menyoroti aturan internal KPK yang melarang insan komisi bertemu dengan pihak berperkara.

KPK menerima laporan dugaan korupsi di Kementan RI dari masyarakat pada tahun 2021. KPK membuka penyelidikan pada Januari 2023 dan menaikkannya ke tahap penyidikan pada September 2023.

"Setiap insan komisi KPK dilarang mengadakan pertemuan langsung atau tidak langsung dengan tersangka, terdakwa, terpidana atau pihak lain yang ada hubungan dengan perkara tindak pidana korupsi yang sedang ditangani KPK," kata Febrianes beberapa waktu lalu.

"Saat ini kan muncul informasi foto pertemuan pimpinan KPK dengan SYL di lapangan badminton. Dari informasi media online yang bisa diakses, pertemuan itu terjadi Desember 2022," lanjutnya.

Sebelumnya, foto pertemuan Firli Bahuri dan SYL beredar luas. Firli yang mengenakan setelan olahraga terlihat berbincang dengan SYL yang memakai kemeja lengan pendek bercorak hitam-putih.

Selain itu, terlihat juga jagung rebus dan teh menemani obrolan mereka. Pertemuan keduanya terjadi bersamaan dengan Firli yang tengah bermain bulu tangkis di Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Kedua nama ini menjadi perbincangan publik setelah ramai pemberitaan mengenai laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terkait kasus dugaan korupsi di Kementan. Laporan itu tengah diusut oleh Polda Metro Jaya.

Dalam pemeriksaannya di Bareskrim Polri pada Selasa, 24 Oktober 2023, Firli mengakui pertemuannya dengan SYL di GOR bulu tangkis pada Maret 2022.

BalasTeruskansinpo

Komentar: