Tim Gabungan Buat Sekat Bakar di Sekitar TPA Tlekung Batu

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 22 Oktober 2023 | 00:14 WIB
TPA Tlekung (ITN Malang)
TPA Tlekung (ITN Malang)

SinPo.id -  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan berupaya agar kebakaran di TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, tak merembet. Insiden kebakaran terjadi pada Jumat 20 Oktober 2023 sekitar pukul 12.45 WIB.

"Tim gabungan juga membuat sekat bakar agar api tidak merembet ke lahan warga," kata dia dalam keterangannya pada Sabtu 21 Oktober 2023.

Hingga Sabtu sekitar pukul 12.00 WIB, tim gabungan masih berupaya memadamkan api. Sebanyak 4 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan dibantu oleh para relawan dan warga.

"Cuaca di lokasi kebakaran terpantau cerah dan berangin. Hal ini menjadi kendala tim dalam melaksanakan pemadaman," kata dia.

Sampai saat ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran TPA Tlekung. Lokasi TPA Tlekung jauh dari pemukiman warga dan sudah dilakukan sterilisasi wilayah oleh pihak terkait.

Dinas terkait masih melakukan pendataan terkait penyebab kebakaran, dugaan sementara api berasal dari bawah lereng dan merembet ke sisi atas. Petugas juga masih mendata luasan lahan terbakar di TPA Tlekung.sinpo

Komentar: