Ma'ruf Amin Minta Media Jaga Integritas di Tahun Politik

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 20 Oktober 2023 | 21:56 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap media dapat menjaga integritasnya dengan memberikan informasi yang objektif, khususnya jelang masa pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal ini agar tidak terjadi kesalahan informasi yang tersampaikan kepada masyarakat. Sebab, pemilu menjadi momentum yang dinanti masyarakat setiap lima tahun sekali untuk memberikan sumbangsihnya dalam memilih pemimpin negara.

“Media juga perlu menjaga kemandirian dan integritasnya, terutama dalam tahun politik saat ini, sehingga masyarakat bisa mendapatkan perspektif yang objektif dalam mengambil keputusan,” kata Ma'ruf Amin dalam keterangannya, Jumat, 20 Oktober 2023.

Ma'ruf Amin mengatakan, tak hanya memiliki integritas, media juga harus dapat cepat beradaptasi dan responsif dalam mengambil sikap terhadap segala situasi politik.

“Media juga harus berupaya untuk responsif dan adaptif dengan situasi terkini,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Ketua MUI itu juga menyebut pentingnya peranan industri media sebagai media edukasi, sarana hiburan, dan berita yang berkualitas dan informatif bagi masyarakat.

“Industri media memegang peranan penting, tidak hanya dalam menyediakan hiburan dan berita yang menarik dan berkualitas, tetapi juga memberikan edukasi publik,” paparnya.

Ma'ruf optimis Indonesia akan semakin unggul melalui kontribusi media yang terus berinovasi dan bertanggungjawab dalam mengawal demokrasi dan mencerdaskan bangsa.

“Saya yakin bahwa dengan semangat inovasi, tanggung jawab, dan kejujuran, industri media kita akan terus menjadi kekuatan yang mencerdaskan bangsa, menjaga demokrasi, sekaligus menciptakan peradaban unggul Indonesia di mata dunia,” tandasnya.