Penetapan Mahfud MD Cawapres Ganjar Memperjelas Peta Pilpres 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 18 Oktober 2023 | 13:54 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri/jas biru). (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri/jas biru). (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno menilai penetapan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dari koalisi pengusung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo semakin mengerucutkan kontestasi Pilpres 2024.

Peta politik mulai terlihat jelas setelah dua poros koalisi partai politik (parpol) resmi mengumumkan bakal capres-cawapresnya. Artinya, bakal ada tiga pasangan capres dan cawapres yang bertarung di kontestasi politik 2024.

"Kami berpendapat bahwa penunjukan tersebut akan semakin mengerucutkan pilpres (yang) akan datang karena dua pasangan calon sudah menetapkan pasangannya secara lengkap," kata Eddy dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 18 Oktober 2023.

Sejauh ini dua poros yang bakal mendaftarkan capres dan cawapresnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni koalisi pendukung Ganjar-Mahfud dengan anggota PDIP bersama PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Selanjutnya, Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Poros ini terdiri dari Partai NasDem, PKS, dan PKB.

Sedangkan poros pendukung Prabowo Subianto, yakni Koalisi Indonesia Maju (KIM) tengah mematangkan nama cawapres. Koalisi ini beranggotakan Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PBB, Partai Garuda, Partai Gelora, dan Prima. 

Pada kesempatan itu, Eddy menyampaikan selamat atas terpilihnya Mahfud MD sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo untuk berkontestasi pada Pilpres 2024.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

"Hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD," ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta.sinpo

Komentar: