Polisi Gagalkan Penyeludupan Tujuh Ekor Cendrawasih di Jayapura

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 16 Oktober 2023 | 23:31 WIB
Cendrawasih yang hendak diselundupkan dari Jayapura (SinPo.id/ NTMC Polri)
Cendrawasih yang hendak diselundupkan dari Jayapura (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura, menggagalkan penyelundupan tujuh ekor burung Cenderawasih. Rencananya burung cantik itu akan dikirim ke luar Papua dengan menggunakan Kapal Motor Sinabung.

Ketujuh ekor burung cenderawasih yang masih hidup itu ditemukan di dalam koper yang disimpan di dalam kamar mandi Dek 3 bagian tengah KM Sinabung yang sandar di Pelabuhan Jayapura, Kamis, 12 Oktober 2023.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut, AKP Rischard L. Rumboy, mengatakan tujuh ekor burung cenderawasih hidup itu ditemukan setelah anggotanya curiga dengan keberadaan koper di dalam kamar mandi Dek 3 bagian tengah kapal.

Selanjutnya pihak kepolisian bersama para petugas Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan Jayapura melakukan pengecekan dengan membuka koper tersebut. Setelah dibuka, ternyata koper berisi tujuh ekor burung Cenderawasih, salah satu satwa langka asli Papua yang dilindungi.

“Burung-burung cenderawasih itu di bungkus dalam karton terpisah,” ujar Rischard dikutip dari laman NTMC Polri, Senin, 16 Oktober 2023.

Setelah dilakukan koordinasi, kata Rischard, ketujuh ekor burung cenderawasih yang terdiri atas tiga ekor jantan dan empat ekor betina diamankan di Kantor Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan Jayapura.

“Memang benar ketujuh ekor burung cenderawasih saat ini sudah diamankan di Kantor Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan Jayapura dan anggota juga tidak berhasil menemukan pemilik koper tersebut," ungkapnya.sinpo

Komentar: