Tiga Ditangkap, Empat Pelaku Pembunuhan Aktivis Papua Michele Kurisi Doga Masih Diburu

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 10 Oktober 2023 | 22:15 WIB
Aktivis perempuan Papua, Michele Kurisi Doga (SinPo.id/ Facebook)
Aktivis perempuan Papua, Michele Kurisi Doga (SinPo.id/ Facebook)

SinPo.id - Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz 2023 berhasil menangkap tiga orang terduga pelaku pembunuh aktivis perempuan Papua, Michele Kurisi Doga. Sementara empat pelaku lainnya masih diburu.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Faizal Ramadhani turut membenarkan informasi tersebut.

“Hari Kamis 5 Oktober 2023, kami telah melakukan penangkapan terhadap seorang terduga pelaku pembunuhan Michele dengan inisial PM di Jayawijaya. Kemudian besoknya kami lakukan pengembangan dan menangkap lagi terduga pelaku AW di Jayapura, kemudian RK alias RM di Tolikara. Total pelaku diperkirakan tujuh orang," ujar Faizal dikutip dari laman resmi Polri, Selasa, 10 Oktober 2023.

Michele Kurisi Doga merupakan aktivis perempuan yang cukup aktif menyuarakan hak-hak perempuan Papua. Michele beberapa kali menjadi narasumber dalam acara live di Youtube dengan isu tentang Papua. Michele dibunuh oleh sekelompok orang pada tanggal 28 Agustus 2023 di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya.

Michele dibunuh para pelaku dengan cara ditikam menggunakan pisau dan dipukul kepalanya menggunakan kayu. Aksi ini direkam langsung oleh pelaku dan disebarkan melalui kanal media sosial Facebook. Video pembunuhan Michele ini kemudian beredar luas di media sosial dan viral.

Dalam video viral tersebut diperlihatkan korban awalnya diinterogasi para pelaku dan tidak lama kemudian terlihat korban tengah meregang nyawa di semak-semak dengan darah terkucur di baju bagian dada korban.

“Pembunuhan ini sadis dan kejam. Bagaimana bisa beberapa orang laki-laki membunuh seorang wanita, divideokan dan diviralkan,” tegas Faizal.

Sementara, Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara, kasus pembunuhan berencana ini diduga dilakukan oleh tujuh orang pelaku. Mereka inisial PM, AW, RK, KW (DPO), JW (DPO), DW (DPO) dan K (DPO).

“Ketujuh terduga pelaku ini diduga merupakan anggota KNPB yang aktif menyebarkan propaganda negatif di media sosial tentang isu Papua,” kata Bayu.sinpo

Komentar: