Heru Budi Sebut Penumpang MRT Belum Mencapai Target

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 30 September 2023 | 17:58 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut jumlah penumpang Moda Raya Terpadu (MRT) masih jauh di bawah target.

Mantan Walikota Jakarta Utara itu berharap masyarakat akan terus menggunakan alat transportasi massal tersebut.

"Mudah-mudahan masyarakat terus gunakan MRT, meskipun targetnya kurang lebih 1,3 juta, tapi sekarang yang pakai 800 ribu orang per hari," kata Heru dalam keterangannya yang diterima, Sabtu, 30 September 2023.

Meski begitu, Heru menyebut MRT Jakarta saat ini masih terus berproses. Sebab MRT masih terhitung baru sejak pertama kali dicetuskan oleh Joko Widodo (Jokowi) saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu, lanjut Heru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah memberikan subsidi sebesar Rp800 miliar per tahun untuk MRT Jakarta.

"Nah, itu adalah satu cara kami dalam memberikan kenyamanan bagi warga di Jabodetabek. Hal ini bukan hanya dari fasilitas, tapi juga dari harga yang disubsidi pemerintah," ujarnya.

Heru menuturkan kenyamanan pengguna transportasi bagi warga Jakarta dan sekitarnya menjadi prioritas utama dalam membangun sistem transportasi terintegrasi. Pembiayaan subsidi itu diberikan Pemprov DKI Jakarta dengan bersinergi bersama pemerintah pusat.

"Jadi, DKI Jakarta sebesar 51 persen, lalu Kemenhub sebesar 49 persen," tandasnya.

 sinpo

Komentar: