Kaesang Jadi Ketum PSI, Puan: Selamat Mas, Semoga Amanah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 26 September 2023 | 20:20 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (SinPo.id/ Ashar)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengucapkan selamat untuk Kaesang Pangerap menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu didoakan amanah mengemban tugasnya di jalur politik.

"Selamat untuk Mas Kaesang sudah menjadi ketua umum PSI. Semoga amanah, dan bisa bekerja dengan baik sebagai ketua umum. Selamat ya Mas Kaesang," kata Puan melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa, 26 September 2023.

Ketua Tim Pemenangan Pileg dan Pilpres PDIP ini pun menepis perbedaan pilihan partai politik (parpol) Kaesang dengan sang ayah sebagai manuver Jokowi di Pilpres 2024. Puan menganggap pilihan Kaesang untuk berlabuh di partai yang berbeda dari keluarganya merupakan hal biasa.

"Siapa yang nganggep? Saya enggak. Biasa aja. Makanya saya bilang selamat kepada Mas Kaesang sudah menjadi ketua umum," kata dia.

Puan juga mengatakan PDIP terbuka dengan setiap partai untuk menjalin silaturahmi apapun pilihannya di Pilpres, termasuk dengan PSI. Bahkan dia mengajak Kaesang dan PSI ikut bersama PDIP mendukung bakal capres Ganjar Pranowo.

"Saya selalu katakan, PDI Perjuangan terbuka. Kami selalu silaturahmi. Namun semua partai memiliki strateginya masing-masing dalam merangkul, dan kemudian memenangkan capresnya," kata Puan.

"Jadi ayo Mas Kaesang, ikut PDI Perjuangan aja yuk," kata cucu Bung Karno itu.

Terkait bakal cawapres pendamping Ganjar, Puan mengungkap PDIP masih membuka ruang diskusi dengan partai lain. Apalagi, saat ini masih cukup waktu mengingat pendaftaran calon pasangan di Pilpres 2024 baru akan ditutup jelang akhir Oktober mendatang.

PSI resmi menunjuk Kaesang Pangarep sebagai Ketum DPP PSI menggantikan Giring Ganesha di Kopdarnas yang digelar di Djakarta Teather, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie membacakan secara langsung Surat Keputusan (SK) pengangkatan Kaesang sebagai Ketum di hadapan para Kader yang hadir dari berbagai wilayah di Indonesia.

Grace menjelaskan dalam surat keputusan yang telah ditetapkan tersebut, Kaesang akan menjabat sebagai Ketum DPP PSI periode 2023-2028.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI