Hindari Berbagai Kendala, DPR Minta Penyaluran PIP Dievaluasi Secara Berkala

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 26 September 2023 | 19:30 WIB
Anggota Komisi X DPR RI, Rano Karno (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi X DPR RI, Rano Karno (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI, Rano Karno, meminta pemerintah untuk evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) secara berkala. Dengan demikian, diharapkan kendala-kendala yang terjadi selama pelaksanaan bisa teratasi secara bertahap.

Pasalnya, ia menilai penyaluran PIP berperan krusial mencegah para pelajar putus sekolah akibat keterbatasan ekonomi. Sehingga berbagai permasalahan dalam penyaluran PIP harus dapat teratasi, termasuk penyaluran jalur aspirasi.

"PIP ini sangat penting bagi para pelajar dan memang setiap kegiatan itu tentu memerlukan evaluasi (karena) sistem itu nggak mungkin ada yang sempurna," kata Rano Karno dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 26 September 2023.

"Saya menilai kolaborasi antara pusat dan daerah perlu diperbaiki karena proses PIP terutama jalur aspirasi ini terlihat dipersulit,” sambungnya.

Selain itu, ia juga Kemendikbudristek untuk bertindak tegas terhadap sejumlah kepala dinas diketahui menghambat proses seleksi dan penyaluran PIP jalur aspirasi, agar para pelajar yang berhak menerima PIP bisa memperoleh haknya.

"Saya mewanti-wanti hal ini disikapi dengan tegas karena kalau (PIP jalur aspirasi) ini sampai terhenti, program PIP akan terganggu, sehingga tidak akan maksimal. Ini kan secara secara aspek manusia, tidak dapat dibenarkan. Bantuan ini telah menjadi hak, kembalikan hak pada penerima," katanya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI