Keputusan Kaesang Gabung PSI Dinilai Dapat Perkuat Dukungan ke Prabowo

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 25 September 2023 | 11:41 WIB
Kaesang menyatakan bergabung dengan PSI (Sinpo.id/Antara)
Kaesang menyatakan bergabung dengan PSI (Sinpo.id/Antara)

SinPo.id -  Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menilai bergabungnya Kaesang dengan PSI dapat memperkuat agenda politik keluarga presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2024, yaitu mendukung Prabowo Subianto.

“Pemilih PSI dan PDI-P itu sama. Hal ini yang mempersulit koalisi dua partai ini, meskipun sebelumnya PSI sudah lebih awal mendukung Ganjar sebagai capres. Ketika PSI mendekat ke Prabowo, pada momentum selanjutnya Kaesang bergabung dengan partai berlawang mawar ini,” kata Arifki, Senin 25 September 2023.

Selain itu, bergabungnya Kaesang ke PSI merupakan salah satu strategi PSI untuk menarik pemilih yang suka dengan Jokowi.

Hal itu dilakukan dengan memanfaatkan popularitas Kaesang, untuk mengubah citra partainya dari partai non-parlemen menjadi partai parlemen di Pemilu 2024.

Namun, keputusan Kaesang juga dapat mempersulit hubungan Jokowi dengan PDI-P. Karena PDI-P memiliki aturan bahwa dalam satu keluarga tidak boleh berbeda partai. Sehingga aturan tersebut dapat membuat jarak Jokowi dengan Megawati semakin jauh.

“Kaesang gabung ke PSI tidak hanya soal pertarungan merebut pemilih antara PDI-P dan PSI makin kencang. Tetapi, ini juga mempersulit hubungan Jokowi dengan PDI-P, terutama Megawati," terangnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI