Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini Tidak Sehat Bagi Kelompok Sensitif

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 25 September 2023 | 07:49 WIB
Suasana kota Jakarta (Sinpo.id/Beritajakarta)
Suasana kota Jakarta (Sinpo.id/Beritajakarta)

SinPo.id -  Kualitas udara di wilayah DKI Jakarta terpantau masuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif pada pagi hari ini, Senin 25 September 2023.

Jakarta menjadi kota dengan kualitas udara terburuk kelima di dunia. Data itu dilihat dari situs IQAir pukul 07.00 WIB. Indeks kualitas udara Jakarta berada di angka 141 US Air Quality Index (AQI US). 

Polutan utama berukuran PM2.5 dengan konsentrasi 51.9 µg/m³. Angka Konsentrasi itu 10.4 kali nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Sementara itu, peringkat pertama kota dengan kualitas udara paling buruk di dunia ditempati Karachi, Pakistan, dengan indeks kualitas udara mencapai angka 171 US AQI US.

Kelompok sensitif yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya disarankan untuk menggunakan masker apabila akan beraktivitas di luar rumah atau outdoor.

Masyarakat juga disarankan untuk menghindari aktivitas outdoor. Juga menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor serta nyalakan penyaring udara.

Sementara itu, suhu di Jakarta adalah 26 derajat celsius dengan kelembapan 74 persen, gerak angin 13 km/h, dan tekanan sebesar 1012 milibar.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI