Demokrat Resmi Deklarasikan Dukung Prabowo di Rapimnas Besok

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 20 September 2023 | 18:19 WIB
Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon (SinPo.id/ Instagram)
Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Partai Demokrat dipastikan absen dalam pertemuan para Sekjen partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) hari ini. Alasannya, Demokrat baru resmi mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Kamis, 21 September 2023.

"Saya barusan komunikasi dengan Sekjen kami, Bang Teuku Riefky (Sekjen partai Demokrat) bahwa Sekjen kami belum bisa hadir di acara malam ini, karena baru besok kami secara resmi akan mendeklarasikan mendukung Pak Prabowo menjadi calon presiden yang diusung Partai Demokrat," kata Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon, dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 20 September 2023.

Jansen menjelaskan acara Rapimnas Partai Demokrat akan berlangsung di JCC, Kemayoran, Jakarta Pusat. Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mendeklarasikan dukungan secara resmi ke Prabowo.

"Jadi bersama ini kami juga mengundang seluruh teman-teman media untuk besok malam hadir di JCC dalam Rapimnas Partai Demokrat, di mana secara resmi Ketum AHY akan mendeklarasikan dan menyerahkan dukungan Demokrat mendukung Pak Prabowo," kata dia.

Jansen membenarkan pertemuan antara Sekjen KIM di DPP Golkar pada pukul 19.00 WIB. Ia menyebut jajaran partai Demokrat tengah fokus mempersiapkan Rapimnas untuk besok malam.

"Plus ditambah lagi untuk persiapan acara rapimnas besok, hari ini seluruh pimpinan partai Demokrat termasuk tentunya Bang Sekjen, Teuku Riefky, memang sedang fokus untuk persiapan Rapimnas ini. Jadi pasca deklarasi besok, baru sepenuhnya kami akan lebur dengan KIM," ucap dia.

Sebelumnya, para Sekjen parpol pendukung Prabowo mengagendakan pertemuan malam ini. Perteman untuk membahas program Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Benar, nanti malam ada pertemuan. Rapat koordinasi di DPP Partai Golkar, Sekjen Koalisi Indonesia Maju plus beberapa partai yang sudah bergabung dengan Pak Prabowo memberikan dukungan," kata Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor.

Afriansyah mengungkap salah satu yang akan dibahas dalam rapat tersebut, yakni fokus kebijakan Prabowo. Dia mengatakan parpol yang hadir antara lain, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PBB, dan Partai Demokrat. Kemudian, PSI, Partai Garuda, dan Partai Prima.

"Yang diundang itu, tentunya Partai Gerindra, Golkar, PAN, PBB, Partai Gelora, Partai Demorat, PSI, Garuda, Partai Prima, sudah. Saya lihat di undangannya itu," kata dia.sinpo

Komentar: