AHY Bertemu Ketum Parpol KIM, PAN Sebut Demokrat Berpeluang Gbung

Laporan: Juven Martua Sitompul
Minggu, 17 September 2023 | 00:00 WIB
Saleh Partaonan Daulay (Sinpo.id/DPR)
Saleh Partaonan Daulay (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengamini adanya pembicaraan antara partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dengan Partai Demokrat. Meski tak detail, pembahasan berkaitan dengan kemungkinan Demokrat merapat mendukung calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

"AHY (Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono) juga sudah ketemu ketum-ketum parpol lain, maksud saya Golkar, PAN. Sudah ada pembicaraan terkait ini (dukungan). Namun, meski nggak detail, tapi ada lah pembicaraan," kata Saleh kepada wartawan, Jakarta, Sabtu, 16 September 2023.

Saleh berkeyakinan Partai Demokrat akan memilih mendukung Prabowo. Dia bahkan menilai secara objektif, Demokrat memang lebih baik merapat ke KIM.

"Kami berharap bahwa pilihan Demokrat menurut pandangan subjektif kami, terbaik masuk Koalisi Indonesia Maju," kata Saleh.

Saleh mengatakan semua anggota memiliki kesempatan yang sama dalam memutuskan kebijakan strategis KIM. Sehingga, kata dia, Demokrat tidak perlu khawatir tidak punya tempat jika bergabung ke KIM.

"Karena di sini, kita menyamakan semua. Jadi, kalau gabung, ya, nanti bersama-sama ikut memutuskan keputusan strategis yang akan dilaksanakan koalisi ini bersama-sama. Harapan kita besar Demokrat gabung ini," kata dia.

Saleh juga menyampaikan alasan lain yang membuat yakin Demokrat merapat ke KIM. Salah satunya, pertemuan Prabowo dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada saat HUT Pepabri beberapa waktu lalu. Saleh menyebut pertemuan itu juga ada membahas soal koalisi meski secara informal.

"Saya kira di media sudah ada ya, kayak kemarin pak Prabowo nyanyi bareng dengan SBY. Prabowo menjelaskan pada kita di samping informal seperti itu, mereka bertemu ada pembicaraan soal koalisi," ujar Saleh.

Terakhir, Saleh menilai komunikasi yang dibangun KIM dengan Partai Demokrat lebih baik dibanding koalisi lain. Oleh karenanya, dia berharap Partai Demokrat menjatuhkan pilihan kepada Prabowo.

"Kami berharap Demokrat bisa masuk Koalisi Indonesia Maju. Berharap dalam artian kalau penilaian subjektif dari kami, melihat bahwa nada-nadanya, nuansanya itu lebih cenderung ke Koalisi Indonesia Maju," kata dia.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI