Viral Video Zulhas Bagi-bagi 'Gocapan' Ke Masyarakat, PAN Angkat Bicara

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 13 September 2023 | 15:13 WIB
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, menegaskan pembagian uang 'gocap' atau Rp50 ribu yang dilakukan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ke masyarakat, bukan merupakan politik uang lantaran tidak ada kaitannya dengan kampanye PAN.

"Hal itu tidak ada kaitannya dengan kampanye PAN. Tidak ada narasi untuk memilih atau mencoblos PAN. Makanya tidak tepat jika dikatakan menjurus ke politik uang," kata Viva melalui kerterangan persnya, Rabu 13 September 2023. 

Menurutnya, hal itu sudah menjadi kebiasaan dari Zulkifli Hasan untuk membagi uang kepada masyarakat di pelabuhan, di kantor, di lapangan olah raga, di masjid, di rumah setiap pagi, dan di setiap waktu dan kegiatan, dengan niat melakukan sedekah.

"Kebiasaan Bang Zulkifli Hasan membagi uang untuk sedekah adalah memang menjadi katakternya sebagai seorang yang dermawan, sesuai tuntunan agama. Menjadi seorang dermawan adalah sikap dan perilaku yang baik," ungkapnya.

Terlebih, kata Viva, Zulkifli Hasan berasal dari keluarga petani desa yang hidup serba sederhana dan pernah mengalami kesulitan. Sehingga pesan orang tuanya untuk berbagi dan bersedekah selalu ia ingat dan diterapkan.

"Membantu rakyat dengan bersedekah uang, barang, sembako, ilmu, atau pekerjaan baik apapun, adalah sifat yang mesti diteladani. Menjadi seorang dermawan itu untuk menjalankan ajaran agama agar mendapatkan pahala dari Allah, tidak untuk mendapatkan suara," tuturnya.sinpo

Komentar: