Legislator Minta Pembangunan di IKN Dipercepat: Gedung Kementerian-DPR Belum Ada

Laporan: Martahan Sohuturon
Rabu, 13 September 2023 | 15:28 WIB
Ilustrasi. Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus meminta pembangunan di IKN Nusantara dipercepat. (SinPo.id/Antara)
Ilustrasi. Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus meminta pembangunan di IKN Nusantara dipercepat. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus meminta Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menuntaskan hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur di IKN.

Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merencanakan Upacara Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 mendatang digelar di IKN Nusantara.

“Kami sudah melakukan kunjungan kerja ke IKN, Panja (Komisi II) untuk melihat secara nyata bagaimana kondisi objektif infrastruktur yang sedang dibangun itu. Memang ada beberapa hal yang sudah disiapkan dalam proses pembangunan itu," kata Guspardi dikutip dari Parlementaria pada Rabu, 13 September 2023.

"Namun saya lihat berkaitan dengan kantor kementerian agaknya belum dilakukan pembangunannya,” sambungnya.

Termasuk Gedung DPR, menurutnya masih belum tersentuh oleh pembangunan. Oleh karena itu, Guspardi berharap percepatan pembangunan segera dilakukan.

“Nah sekarang ini memang proses pembangunan itu sedang dilakukan percepatannya, di mana pelaksanaannya dilakukan 24 jam (yang) dilakukan 2 shift atau tiga shift," katanya.

"Dan ketika kami di situ (IKN) memang sedang berlangsung pembangunan itu dilakukan oleh pihak orang yang diberi tanggung jawab untuk melakukan proses dari pembangunan itu dari berbagai sektor,” sambung politikus PAN itu.

Kementerian PUPR Sebut Sudah 46 Persen

Terpisah, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah menyampaikan bahwa pembangunan istana presiden dan gedung pemerintahan di IKN Nusantara selesai sebelum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia 2024.

"Saat ini progres pembangunan Istana presiden RI dan gedung-gedung pemerintahan untuk batch satu sudah mencapai 46 persen lebih," katanya.

Begitu juga dengan pembangunan gedung-gedung pemerintahan lainnya seperti empat gedung kementerian koordinator, yang juga ditargetkan rampung sebelum 17 Agustus 2024.

Berdasarkan data dari kementerian PUPR per 17 Agustus 2023, realisasi pembangunan gedung Istana Negara dan lapangan upacara pada Kawasan Istana kepresidenan di Ibu kota Negara mencapai 22,135 persen.

Sedangkan, realisasi pembangunan gedung kantor Presiden sebesar 27, 525 persen, penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tahap II mencapai 92,250 persen,

Sementara itu, pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator satu 12,78 persen, kementerian koordinator tiga 10,429 persen dan kementerian koordinator empat 15,135 persen.sinpo

Komentar: