BMKG Perkirakan El Nino Masih Akan Tetap Bertahan Hingga 2024

Laporan: Galuh Ratnatika
Sabtu, 09 September 2023 | 00:13 WIB
Ilustrasi kekeringan (pixabay)
Ilustrasi kekeringan (pixabay)

SinPo.id -  Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, memperkirakan fenomena El Nino masih akan tetap bertahan hingga awal 2024.

Namun di Samudra Hindia pemantauan anomali suhu muka laut menunjukkan adanya kondisi Indian Ocean Dipole (IOD) positif dengan indeks saat ini sebesar positif 1,527 dan diprediksi akan tetap positif hingga akhir tahun 2023.

"Fenomena El Nino Moderat diprediksi berlangsung hingga Februari 2024. Di sisi lain IOD menunjukkan kondisi positif dan prediksi bertahan hingga akhir tahun 2023," kata Dwikorita, dalam konferensi pers, Jumat 8 September 2024.

Menurutnya, prediksi terkait El Nino tersebut tidak hanya dilakukan oleh Indonesia namun juga di berbagai negara. Terlebih pengaruh dari El Nino juga sesuai dengan hasil prediksi di bulan Februari lalu, karena adanya superposisi fenomena El Nino dari Samudra Pasifik dan IOF positif dari Samudra Hindia.

Hal itu yang akhirnya menyebabkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia menjadi jauh lebih sedikit dari kondisi normal. Sehingga terjadi musim kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah karena curah hujan yang rendah.

"Ini prediksi berdasarkan hasil monitoring dan analisis suhu muka air laut dan yang meprediksi hal ini tidak hanya Indonesia tapi lembaga semacam BMKG di belahan dunia. Kurang lebih trend hasilnya sama," ungkapnya.

Meski demikian, Dwikorita menjelaskan bahwa gangguan iklim El Nino yang muncul pada pertengahan bulan Mei 2023 dan terus berkembang mencapai level El Nino moderat sejak akhirJuli 2023, akan semakin menurun hingga netral di awal tahun 2024.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI