Tangkap 975 Tersangka, Satgas TPPO Polri Selamatkan 2.541 Korban

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 04 September 2023 | 17:19 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (SinPo.id/ Ashar)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Satgas TPPO Polri dan Polda jajaran sudah berhasil menangkap 975 tersangka dari 831 laporan polisi kejahatan perdagangan orang ini. Jumlah tersebut merupakan akumulasi sejak 5 Juni sampai 3 September 2023.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, pihaknya juga berhasil menyelamatkan 2541 orang korban TPPO.

"Jumlah tersangka pada kasus TPPO sebanyak 975 orang dari 831 laporan polisi dan sebanyak 2541 korban berhasil diselamatkan Polri," ujar Ramadhan dalam keterangan resminya, Senin, 4 September 2023.

Adapun modus para tersangka, kata dia, diantaranya diiming-imingi menjadi Pekerja Migran atau Pembantu Rumah Tangga (PRT) sebanyak 520 kasus, ABK sebanyak 7 kasus, PSK sebanyak 255 kasus dan Eksploitasi Anak sebanyak 69 kasus. 

Ramadhan menegaskan bahwa penindakan TPPO menjadi prioritas utama Polri dalam melindungi masyarakat dari ancaman kejahatan perdagangan orang. 

"Dengan kesigapan dan kerja keras, Polri berkomitmen untuk memberantas TPPO serta menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat," tuturnya

Dia pun mengimbau agar masyarakat untuk tidak mudah tergiur dan percaya dengan tawaran kerja dengan gaji tinggi di luar negeri.

"Pesan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, agar masyarakat dapat memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan penyalur tenaga kerja tersebut resmi," kata Ramadhan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI