Pemuda Tewas Dianiaya Paspampres, Komnas HAM Bakal Temui Panglima TNI

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 02 September 2023 | 17:34 WIB
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (SinPo.id/ Ashar)
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyatakan bakal menemui Panglima TNI Laksamana Yudo Margono terkait kasus pembunuhan pemuda asal Aceh oleh oknum anggota Paspampres.

"Kita tentu berharap bukan hanya nanti komunikasi kita dengan pihak Pomdam (Polisi Militer Kodam) Jaya, tetapi mungkin untuk yang lebih di atas lagi. Kalau ada kemungkinan, kita akan meminta bertemu dengan Panglima TNI nanti," kata Wakil Ketua Komnas HAM Abdul Haris Semendawai dalam keterangannya dikutip Sabtu, 2 September 2023.

Menurut Abdul, kasus tersebut tidak bisa hanya dilihat sebagai suatu peristiwa kecil karena peristiwa itu telah mendapat perhatian besar masyarakat.

"Sejumlah aliansi-aliansi masyarakat yang peduli kasus ini, datang berkunjung menyampaikan aspirasinya kepada Komnas HAM," tuturnya. 

Abdul berujar, pihaknya ingin melakukan pengumpulan data lebih lanjut untuk mendalami kasus tersebut. Dia menyebut, pihaknya menilai informasi mengenai kasus itu masih simpang siur.

"Contoh, data-data yang kita peroleh belakangan ini, misalnya ada informasi bahwa korbannya ini sudah dua kali mengalami penculikan," ujar Abdul. 

Lebih jauh, dia mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pemantauan lapangan hingga pemeriksaan beberapa saksi. Komnas HAM akan melakukan konfirmasi kepada pihak terkait, baik yang berada di Jakarta maupun di Aceh, kampung halaman korban.

"Ada rencana juga untuk melakukan permintaan keterangan kepada pihak Pomdam Jaya, Polda Metro Jaya, (dan) RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) untuk memastikan peristiwa tersebut," ungkap dia. sinpo

Komentar: