Indonesia Ikuti 31 Cabor Asian Games 2023 dan 12 Cabor Asian Para Games 2023

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 02 September 2023 | 04:13 WIB
foto:raiky/kemenpora.go.id)
foto:raiky/kemenpora.go.id)

SinPo.id -  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengumumkan Indonesia akan mengikuti 31 cabang olahraga Asian Games 2023 dan 12 cabang olahraga Asian Para Games 2023. Seluruh atlet dipastikan siap untuk meraih prestasi diajang tersebut. 

"Hari ini resmi dilakukan pengumuman terkait persiapan keberangkatan kontingen Indonesia untuk Asian Games dan Asian Para Games 2023. Indonesia akan mengikuti 31 cabor di Asian Games dan 12 cabor Asian Para Games," kata Menpora Dito. 

Hal tersebut disampaikan Menpora Dito dalam konferensi pers di Media Center Kemenpora, Jakarta, Jumat (1/9). Menpora Dito menyampaikan total kontingen tim Indonesia di Asian Games adalah 415 atlet dan 161 ofisial. Sedangkan kontingen di Asian Para Games berjumlah 134 atlet, 56 pelatih, dan 62 tenaga pendukung. 

"Jadi untuk target di Asian Games berada di 12 besar (klasemen akhir) dengan 8 sampai 12 emas. Sementara untuk Asian Para Games berada di 10 besar dengan 20 medali emas," ujar Menpora Dito. 

Menpora Dito bilang seluruh atlet yang berangkat berpotensi untuk meraih medali. Hal ini karena sudah dilakukan review berdasarkan rekam jejak atlet dengan prestasinya dalam dua tahun belakangan. 

"Tim review sudah melakukan review terhadap seluruh atlet berdasarkan data dan rekam jejak yang ada. Oleh karenanya, mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar kontingen Indonesia bisa meraih prestasi di Asian Games dan Asian Para Games," jelas Menpora Dito. 

Hadir dalam kesempatan ini Chief de Missioan (CdM) tim Indonesia di Asian Games 2023 Basuki Hadimuljono, CdM tim Indonesia di Asian Para Games 2023 Angela Tanoesoedibjo, Ketum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, perwakilan NPC Indonesia Sapta Kunta Purnama, Ketua Tim Review Mochammad Asmawi. (jef)

Berikut daftar cabor Asian Games 2023 yang diikuti Indonesia:

Akuatik, Archery, Atletik, Bulu Tangkis, Bola Basket, Boxing, Canoe, Kriket, Cycling, Dragon Boat, Equestrian, Fencing, Sepak Bola, Golf, Hoki, Judo, Martial Art (Jujitsu, Karate, Kurash), Mind Sport (Bridge, Chess, Esport), Modern Pentathlon, Rowing, Sepak Takraw, Shooting, Skateboarding, Sport Climbing, Taekwondo, Tenis-Soft Tenis, Triathlon, Voli Pantai-Voli Indoor, Weightlifting, Wrestling, Wushu-Headquarter.

Berikut daftar cabor Asian Para Games 2023 yang diikuti Indonesia:

Para Archery, Blind Judo, Boccia, Lawn Bowls, Para Athletic, Para Badminton, Para Chess, Para Cycling, Para Powerlifting, Para Shooting, Para Swimming, Para Table Tennis.
sinpo

Komentar: