Dokter Sebut Perbanyak Minum Air Putih dapat Bantu Redakan ISPA

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 01 September 2023 | 23:23 WIB
Ilustrasi air minum (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi air minum (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Dokter spesialis pulmonologi Rumah Sakit Pusat Pertamina dr. Januar Habibi, B.Med.Sc, Sp.P, mengatakan salah satu cara meredakan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) terutama dari pajanan polusi udara yakni dengan meningkatkan volume dan frekuensi hidrasi.

“Konsumsi air putih secara teratur akan membantu membersihkan tenggorokan. Kalau polutan tertelan lebih aman karena bisa keluar lewat cairan daripada kehirup,” ucap Januar dikutip dari Antara, Jumat, 1 September 2023

Januar menyarankan untuk minum minimal setiap 20 menit saat sedang bekerja, cukup dengan dua hingga teguk untuk melembapkan tenggorokan dan membantu membersihkan polutan yang masuk ke tenggorokan. Selain itu, dia juga menyarankan untuk sering mencuci hidung, guna membersihkan polutan sebelum masuk ke paru-paru.

Selain itu, kata Januar, untuk menjaga stamina agar tidak mudah terkena penyakit dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup serta konsumsi vitamin dan hindari merokok.

“Jaga stamina karena semakin lemah seseorang akan semakin mudah kena penyakit. Kalau sudah (sakit), coba terapi sederhana di rumah. (Jika) tiga hari tidak enakan (membaik) atau malah demam, segera ke dokter,” kata Januar.

Polusi udara memiliki zat polutan dengan Partikulat Meter berukuran 2,5 mikron meter dan dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan larut dalam darah. Polutan dapat menimbulkan berbagai penyakit dan mengganggu kerja organ tubuh lainnya seperti jantung dan mengakibatkan stroke dalam jangka panjang.

"Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain dengan memantau kualitas udara melalui aplikasi atau website, memeriksa emisi kendaraan yang digunakan, memilih BBM dengan pembakaran yang baik, serta membatasi penggunaan kendaraan bermotor," jelasnya.

Jika ingin beraktivitas diluar ruangan, Januar menyarankan, pilih area dengan banyak pepohonan karena, dari beberapa penelitian, terbukti bahwa pepohonan dapat membantu menyaring polusi udara.

"Untuk kelompok usia rentan seperti anak-anak, lansia atau kelompok yang mempunyai komorbid, baiknya kunjungi tempat dengan banyak ruangan tertutup," pungkasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI