DPR Sebut Pengalihan Pertalite ke Pertamax Green Perlu Dikaji

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 01 September 2023 | 15:59 WIB
Pertamax Green (SinPo.id/ Dok. Pertamina)
Pertamax Green (SinPo.id/ Dok. Pertamina)

SinPo.id - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mengatakan wacana penggantian BBM jenis Pertalite dengan Pertamax Green 92 awal tahun 2024 masih perlu dikaji. Terutama soal keekonomian dan besaran subsidi untuk produksi serta distribusi.

"Lagi pula hingga kini, DPR dan Pemerintah belum pernah membicarakan rencana tersebut. Sehingga sangat aneh bila tiba-tiba beredar wacana penggantian BBM murah bagi masyarakat tersebut," kata Mulyanto, Jumat 1 September 2023.

"Setahu saya hingga kini belum ada pembahasan terkait rencana Pemerintah menghapus Pertalite lalu menggantinya dengan Pertamax Green 92 pada tahun 2024," ungkapnya.

Menurutnya, Pertamina tidak memiliki kewenangan untuk merumuskan, membahas dan menetapkan kebijakan terkait subsidi BBM. Namun Pertamina dapat memberikan usul atau masukan kepada Pemerintah atau Komisi VII DPR RI.

Sementara dari sisi kebijakan subsidi BBM sendiri, sebagaimana tercermin dalam Asumsi Makro APBN 2024, yang baru saja ditetapkan Komisi VII DPR RI bersama Pemerintah, tidak ada pembicaraan terkait penghapusan Pertalite lalu menggantinya dengan Pertamax Green 92 pada tahun 2024.

"Dalam RDP Rabu itu tidak ada pembahasan kebijakan mengganti BBM Pertalite dengan Pertamax Green 92. Lagi pula tidak tepat RDP dengan Pertamina, membahas isu itu," kata Mulyanto menambahkan.sinpo

Komentar: