Survei LSI: Jika Pemilu Dilakukan Sekarang, Prabowo Unggul 24,2 Persen Libas Ganjar dan Anies

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 30 Agustus 2023 | 21:25 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru mereka terkait pemilu 2024, Rabu, 30 Agustus 2023.

Hasilnya secara top of mind, jika pemilihan dilakukan sekarang, Menteri Pertahanan yang juga bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto unggul telak dibanding bakal capres dari PDIP, Ganjar Pranowo dan bakal capres dari NasDem, Anies Baswedan serta nama lainnya. 

"Jika pemilihan dilakukan saat ini, secara spontan, Prabowo paling banyak dipilih, 24,2 persen, baru kemudian Ganjar 22,6 persen Anies 16,4 persen, nama lain jauh lebih rendah, sementara 30,7 persen belum memberikan jawaban," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Djayadi Hanan dalam hasil survei yang ditayangkan YouTube LSI.

Djayadi mengatakan survei ini dilakukan lewat tatap muka pada 3-9 Agustus, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau  sudah menikah

"Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden. Margin of error dari 1.220 responden tersebut sebesar +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling)," jelas Djayadi.

Ia pun memastikan quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.sinpo

Komentar: