Mulai Besok LRT Jabodebek Siapkan 18 Stasiun

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 27 Agustus 2023 | 14:27 WIB
LRT Jabodebek (Sinpo.id/Ashar)
LRT Jabodebek (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Lintas Raya Terpadu (LRT) atau Kereta Api Ringan Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek dijadwalkan beroperasi melayani penumpang mulai Senin 28 Agustus 2023.

Sebanyak 18 stasiun ditetapkan bakal melayani pelanggan LRT Jabodebek, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat dan Jatimulya.

"Stasiun-stasiun LRT Jabodebek berada di lokasi-lokasi strategis mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis. Tujuannya untuk memudahkan para pelaju bertransportasi dari dan menuju Ibu Kota atau wilayah lainnya," kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam keteranganya yang diterima, Minggu 27 Agustus 2023.

Joni menjelaskan stasiun LRT terdiri atas dua tipe yaitu tipe Interchange Station yang berada di Stasiun Cawang dan tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya. Perbedaan dari tipe stasiun ini adalah jumlah jalur, luas stasiun dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya.

Tipe ini terdiri atas tiga lantai di mana lantai satu yaitu area boarding dan komersial, lantai dua area peron, dan lantai tiga adalah area komersial.

Sementara itu , tipe Typical Station terdiri atas dua lantai, di mana lantai satu adalah area boarding dan lantai dua merupakan area peron.

Menurut Joni, pelanggan dari Stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti terlebih dahulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya.

Ia mengatakan, untuk menunjang kenyamanan para pelanggan saat berada di stasiun, stasiun LRT Jabodebek dilengkapi dengan fasilitas akses berupa eskalator, tangga dan lift, toilet, ruang menyusui, mushalla, ruang kesehatan, Passenger Information Display System (PIDS), passenger announcement dan CCTV.

"Pemerintah dan KAI juga berupaya menghadirkan stasiun LRT Jabodebek yang ramah disabilitas dengan menghadirkan lift, gate, toilet khusus disabilitas serta tactile. Dengan hadirnya fasilitas tersebut diharapkan dapat mempermudah pelanggan disabilitas dalam melakukan mobilitas menggunakan LRT Jabodebek," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI