FIFA Skors Presiden RFEF Rubiales Buntut Cium Bibir Jenni Hermoso

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 27 Agustus 2023 | 06:35 WIB
Presiden RFEF, Luis Rubiales dan pemain Spanyol, Jenni Hermoso. (SinPo.id/Reuters)
Presiden RFEF, Luis Rubiales dan pemain Spanyol, Jenni Hermoso. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menskors Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales selama 90 hari buntut aksi mencium bibir Jenni Hermoso. 

Hukuman ini bersifat sementara sampai FIFA menyelesaikan investigasi dan memberikan keputusan akhir.

Bukan hanya larangan aktivitas di lingkungan sepak bola, Rubiales juga dilarang melakukan kontak dengan Hermoso dan orang-orang terdekatnya.

"FIFA menegaskan komitmennya untuk menghormati semua integritas semua orang dan sebab itu mengutuk semua perilaku yang bertentangan," ucap FIFA dalam pernyataannya.

Rubiales mencium bibir Hermoso terjadi saat pengalungan medali di Piala Dunia Wanita 2023. Saat Rubiales berhadapan dengan Hermoso, Rubiales mencium bibir Hermoso.

Usai insiden tersebut, Hermoso mengaku tidak menyukai tindakan itu. Hermoso lalu mendapat dukungan dari banyak pihak. Puncaknya, ada pernyataan yang ditandatangani 56 pemain bahwa mereka menolak bermain sampai Rubiales dipecat.

Rubiales sendiri menyatakan bahwa banyak kebohongan yang disebar oleh pihak Hermoso dalam kasus ini. Ia pun sempat menolak untuk mundur dari posisi Presiden Federasi Spanyol.

Peristiwa Rubiales yang mencium bibir Hermoso ini seolah menjadi noda di balik keberhasilan Spanyol mencetak sejarah di Piala Dunia Wanita. Spanyol untuk pertama kalinya jadi juara Piala Dunia.

Di babak final, Spanyol sukses mengandaskan perlawan Inggris dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Spanyol dicetak oleh Olga Carmona di menit ke-29.sinpo

Komentar: