Remaja Generasi Alpha dan Z di Indonesia Gunakan Game untuk Mengatasi Cemas dan Stres
SinPo.id - Hasil penelitian Youth-first Digital Insights yang dilakukan oleh TotallyAwesome menunjukkan remaja generasi alpha dan Z di Indonesia menggunakan game untuk mengatasi rasa cemas dan stress. Dalam penelitian tahunan wawasan digital game menjadi kanal utama dalam mempertemukan remaja dan memberikan ilustrasi mengenai bagaimana brand dapat berinteraksi dengan mereka secara signifikan.
“Berdasarkan hasil Penelitian Wawasan Digital Terkini bagi Generasi Muda dari TotallyAwesome, terlihat bahwa 59 persen dari Generasi Alpha dan 47 persen dari Generasi Z di Indonesia mengakui bahwa bermain game memberikan kenyamanan saat mereka merasa cemas atau stress,” tulis laporan penelitian itu.
Hal itu berbanding dengan opsi berbicara dengan anggota keluarga masing-masing yang menunjukkan 26 persen dan 14 persen serta berbincang dengan teman masing-masing 25 persen dan 22 persen.
Temuan penelitian juga mengungkapkan bagaimana game telah menjadi suatu aktivitas yang tidak memandang gender, terutama pada Generasi Alpha. “Di antara anak perempuan, 46 persen bermain game untuk meredakan kecemasan, dan 54 persen merasa sangat dekat dengan teman laki-laki,” tulis laporan itu lebih lanjut.
Terdapat data yang menyebutkan bahwa sebanyak 52 persen dari Gen Alpha dan 48 persen dari Gen Z di Asia Pasifik percaya bahwa bermain game adalah salah satu cara untuk merasa lebih terhubung dengan teman dan keluarga.
Hal ini memiliki signifikansi yang penting bagi para orang tua, yang memiliki daya beli terkait dengan kelompok demografi ini.
Dampak dari tren ini juga sudah terlihat di berbagai pasar di wilayah Asia Pasifik menunjukkan persentase pemuda Gen Z + Gen Alpha yang beralih ke game untuk membuat mereka merasa lebih nyaman saat merasa cemas atau stress terjadi di singgapura sebanyak 47 persen, Malaysia 56 persen, korea Selatan 49 persen, indoensia 47 persen Filipina dan Vietnam masing-masing 56 dan 60 persen.
Dalam penelitian itu juga menunjukkan walaupun memiliki akses yang beragam ke berbagai platform media, generasi muda di wilayah Asia Pasifik semakin cenderung memilih game sebagai sarana utama dalam membangun hubungan sosial.
“Namun, perkembangan komersial dalam industri game juga terlihat di platform streaming, menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan generasi muda yang mencari konten di seluruh ekosistem game,” .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pemain utama sekitar 88 persen dari Gen Alpha dan 85 persen dari Gen Z di Indonesia mengungkapkan bahwa mereka lebih sering menggunakan YouTube sebagai saluran streaming, sementara Twitch hanya digunakan oleh 7 persen dan 3 persen dari mereka.